Skip to main content

Cara Mengganti Baterai Tanam Tablet Advan T3B

Selamat berjumpa kembali dengan blog saya. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang cara mengganti baterai tanam pada tablet Advan T3b. Pada umumnya tablet advan ini mempunyai kpasitas baterai yang cukup besar yaitu sebesar 3000 Mah. Dengan kapasitas sebesar iru seharusnya untuk pemakaian sehari sudah cukup. Dengan catatan tidak digunakan untuk bermain game secara terus-menerus. Seperti tablet punya saya yaitu Advan T3C yang masih bisa bertahan selama 2 Hari. 

Apa yang harus kita lakukan supaya baterai tanam kita awet? salah satunya adalah yang saya sebutkan diatas yaitu jangan terlalu sering main game. Apalagi jika bermain game sambil dicharge, hal ini bisa memperpendek usia baterai. Menurut artikel yang saya baca baterai itu punya jumlah batas pengisian, yaitu bila kita sudah melakukan pengisian baterai sama dengan batas dari pengisian baterai tersebut maka baterai kita akan cepat rusak. Batas pengisian ini pada masin-masing baterai berbeda ada yang hanya ratusan kali dan ada yang sampai ribuan kali. Jadi jangan melakukan charging baterai jika baterai belum benar-benar habis. Paling tidak lakukan pengisian bila daya baterai tinggal 10%. Dari artikel itu saya belum diketahui kebenaranya, namun setelah saya praktekan di tablet dan laptop saya alhamdulilah sekarng masih awet semua.

Ssekarang yang akan kita bahas adalah bila baterai kita sudah cepat habis dan bahkan mungkin sudah tidak bisa diisi sama sekali. Solusi terakhir adalah dengan melakukan penggantian baterai dengan yang baru. Berikut adalah langkah-langkah beserta bahan yang perlu dipersiapkan. Bahan yang harus disiapkan adalah baterai, obeng kecil, solder dan pencongkel. Pencongkel ini dapat kita biat dari potongan kartu sim, supaya ketika kita gunakan untuk mencongkel tidak merusak kasing tablet. 


Langkah pertama adalah dengan melepas penutup kartu sim dibagian belakang, kemudian melepas baut kecil dengan obeng. Setelah baut kita lepas semua langkash selanjutnya adalah dengan mencongkel bagian pinggir tablet supaya bisa terbuka tabletnya.


Setelah tablet terbuka, kita dapat melihat isi dari tablet seperti baterai, mainboard dan lain-lain. Kemudian kita lepas kabel bateari yang tersambung dengan mainboard dengan solder. Kemudian tinggal kita ganti dengan batarai yang baru. Jangan lupa untuk memasang lagi kabel baterainya dengan menyesuaikan min (-) dan plus (+).

Setelah itu tinggal kita coba dengan melakukan pengecasan bila masuk berati hasil operasi kita sukses. Namun bila tidak berhasil pastikan baterai kita tadi benar-benar bagus dan periksa posisi min dan plus baterai. Karena bila tidak sesuai maka baterai tidak akan bekerja. Bila sudah selesai tinggal kita tutup dan jangan lupa untuk memasang kembali bautnya.

Sekian dulu postingan saya yang membahas tentang cara mengganti tablet Advan T3B. Bila ada pertanyaan silahkan tanyakan pada kolom komentar. Terimakasih atas kunjunganya dan sampai jumpa dengan postingan saya yang lainya.

Comments

  1. saya mau tanyn donk gak,, kan dia memiliki 3 kabel merah hitam danputih,, untuk yang merah itu dibagian vbat atau dimana

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba pakai yang merah dan hitam saja yang putih diabaikan.

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Perbedaan Kerusakan Pada LCD Dan Touchscreen

Selamatpagi berjumpa kembali dengan Blog Tukang Utak-Atik. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang perbedaan kerusakan yang terdapat pada lcd dan touchscreen. Karena masih banyak teman-teman yang masih bingung jika layar retak itu yang rusak hanya touchscreen atau lcdnya. Supaya lebih jelas, mari kita bahas bersama-sama disini.

Sebenarnya untuk membedakan kerusakan lcd dan touchscreen cukup mudah. Karena kedua layar ini merupakan perangkat yang berbeda dan mempunyai fungsi yang berbeda pula. Kalau lcd berfungsi untuk menampilkan gambar atau tulisan di hp, sedangkan touchscreen berfungsi sebagai input touch seperti mouse kalau pada komputer. Jadi jika jatuh retak belum tentu keduanya mengalami kerusakan. Jika touchscreenya pecah, lcd kemungkinan masih baik. Tapi jika lcd pecah sudah dapat dipastikan bahwa touchscreen juga mengalami kerusakan.

Kalau kerusakan pada touchscreen yang retak, sebenarnya tidak harus ganti touchscreen. Karena banyak hp yang meskipun retak touchscr…

Laptop Yang Cocok Buat Kerja Dan Mahasiswa

Selamat pagi berjumpa kembali dengan blog tukang utak-atik. Pada kesempatan kali ini saya tidak akan membahas tentang gadget atau peralatan elektronik yang rusak. Berhubung banyak teman yang tanya tentang harga laptop yang cocok buat kerja, maka kali ini saya akan membahasnya disini.

Beli laptop itu harus sesuai dengan kebutuhan, buat apa beli laptop mahal-mahal tapi gunanya hanya untuk office dan browsing saja. Kan jadinya mubadzir, yang seharusnya bisa digunakan untuk keperluan lain uangnya. Tapi untuk teman-teman dengan ekonomi kelas menengah ke atas saya rasa tidak terlalu bermasalah untuk ini. 
Spesifikasi atau yang sering disingkat dengan spek adalah rincian dari hardware laptop beserta kapasitas di dalamnya. Laptop dengna spek tinggi biasanya digunakan untuk gamer, desain grafis dan animator. Karena membutuhkan kerja yang berat buat kegiatan tersebut. Jadi harga laptop untuk pekerjaan ini cukup mahal. 
Kalau untuk pemakaian sehari-hari dan buat kerja, laptop dengan spek rendah…

Berapa Lama Waktu Untuk Ngecas Laptop Baru?

Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mengecas laptop baru? Pertanyaan ini sering sekali saya terima ketika saya membelikan laptop teman atau tetangga. Nah, biar semua tidak bingung kali ini blog tukang utak-atik akan membahasnya disini. Jadi simak baik-baik dan baca dengan teliti postingan kali ini.

Sebenarnya tidak ada rekomendasi dari pabrik berapa lama waktu pengecasan. Di manual book pun cuma menjelaskan tegangan yang dibutuhkan dan waktu perkiraan baterai full. Tidak ada perintah untuk mengecas dengan waktu lama ketika baru beli. Jadi kalau menurut saya laptop harus dicas dengan durasi 5 jam itu mitos. 
Ada Mitos lain yang mengatakan bahwa laptop yang baru beli harus dihabiskan terlebih dahulu baterainya. Kemudian dicas selama 5 jam, Setelah itu laptop boleh dicas sampai penuh lalu hentikan proses pengecasan.

Yang paling terpenting dalam melakukan perawatan baterai laptop adalah lakukan pengisian atau pengecasan baterai saat presentase 5-15% dan jangan mencabut charger kalau …