Skip to main content

Biaya Servis Ganti Layar Sentuh Samsung Galaxy J2

Selamat berjumpa kembali dengan blog utak-atik saya ini. Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan sebuah pengalaman teman saya yang dialami dengan ponsel kesayanganya yaitu Samsung Galaxy J2. Ponsel tersebut mengalami masalah ketika jatuh dari lantai 2 sehingga layar sentuh atau touchscreenya pecah. Jika sudah pecah seperti ini tidak ada solusi lain selain mengganti dengan yang baru. Untuk itu sekarang akan saya ceritakan berapa harga layar sentuh dan berapa biaya servisnya.


Meskipun masih memiliki garansi, jika ponsel kita rusak karena kelalaian pengguna dalam kasus ini ponsel terjatuh maka kita tidak bisa mengklaim garansi. Kalau kita taruh ponsel tersebut di servis center yang pasti akan ditarik biaya yang sangat mahal. Jadi Menaruh ponsel tersebut ke servis center bukan solusi terbaik. Bagi teman-teman yang lain mungkin ada yang tidak srek bila servis ditempat lain, dengan alasan bila di servis center sparepart yang dijual dijamin original. 

Kemarin teman saya sempat tanya di servis center Samsung untuk menanyakan berapa harga layar sentuh tersebut. Kemudian dia memperoleh jawaban bahwa harganya adalah 980rb. Harga tersebut lebih dari setengah harga ponsel baru. Mereka beralasan bahwa jika mengganti layar sentuh maka harus satu paket dengan LCD. Ini yang menjadikan harganya jadi mahal. Biasanya untuk ponsel kelas bawah yang sering saya ganti harga layar sentuh tidak sampai 200rb rata-rata di bawah 100rb.

Kemudian saya iseng cari harga layar sentuh Samsung J2 di Bukalapak ternyata memang layar sentuh ini dijual satu paket dengan LCD. Disana tertulis harga satu paket adalah 700rb. kemudaian saya scrool kebawah ternyata saya menemukan palapak yang menjual layar sentuhnya saja. Harganya sangat jauh berbeda dengan yang satu paket yaitu 90rb. 

Setelah saya ceritakan hal tersebut teman saya malah bingung mau ganti atau tidak, kebetulan ponsel tersbut masih bisa berfungsi dengan normal hanya saja retak yang ada di layar sentuh sedikit menggannggu pemandangan ketika ponsel digunakan. 

Sambil menunggu teman saya berfikir saya sempatkan untuk menulis tulisan ini, nanti bila ada kabar lebih lanjut akan saya update pada blog saya ini. Sekiaan dulu postingan saya kali ini semoga bermanfaat dan sampai jumpa dengan postingan saya yang lainya.

Comments

  1. Kasusnya sama kayak j2 saya

    ReplyDelete
    Replies
    1. solusinya gimana gan, diganti dengan tochscreen baru atau dibiarkan seperti itu saja

      Delete
    2. Kalo yg saya beda gan kali yg saya itu hp samsung j2 prime saya suka gerak gerak sendiri jadi apanya yg salah ya mau di ganti layar apa gimana yaa mohon balasannya

      Delete
    3. itu touchscreenya yang bermasalah gan, tapi untuk ganti touchscreen harus satu paket dengan lcd

      Delete
    4. jual aj sini sama ane j2/j2 prime yg layarnya pecah buat bahan kanibal..
      jejak wa. 081218600691

      Delete
    5. oke bang lain kali kalau ada barang lagi akan saya hubungi mas

      Delete
    6. Nah, sama ane juga gitu gan ngselin, pdahal baru pake 1 bulan.
      Smpai skrang ane gak mau lgi pake hp samsung.

      Delete
    7. Bang klo biaya perbaikan gnti LCD nya aj brapa bang

      Delete
  2. Belum ada yg bisa buat gnti touchscreennya saja... pasti 1 paket ama lcd.. pdhl di youtube ada yg bisa misahin lcd ma tc nya... tp dia orng bule c kyknya... misahinny pake kartu remi lagi.. haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya rif, masalahnya tidak ada yang jual touchscreenya saja. kalau beli adanya yang satu paket. untuk pemasangan memang bisa dipisah hanya touchscreenya saja karena keduanya memiliki kabel yang berbeda

      Delete
    2. di bukalapak banyak bos yg jual TS nya aja... yg jd msalah di daerah saya gak ada yg bisa misahin...

      Delete
  3. Klo ada yg bisa gnti tc ny saja.. sdh psti saya gnti... yg bkin pusing ktanya hrus sama lcd ny... kn syng lcd msih normal jg...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya gan saya udah pernah ganti sendri masalah lcd Pasti bakalan Kena Walaupun udah hati hati karena lem bawaan itu super keras dan rekat banget gan jadi harus 1set

      Delete
  4. Gimana gan sukses ga?

    ReplyDelete
  5. Ada yb bsa betulin layar sentuh j2 prime gak...hrga nya brapa

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk membetulkan layar sentuh kemungkinan tidak bisa yog. kalau ganti pasti sebagian besar dari kita (bengkel hp) bisa menggantinya. untuk harga layar sentuh sekitar 100rb. kalau yang dijual satu paket dengan lcd berati harganya akan semakin lebih mahal

      Delete
  6. Gampang ko cara misahin TC dr LCD nya ga sususah

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya gan, untuk memisahkan layar sentuh dan lcd saya menggunakan cara dengan memanaskan lem perekat antara lcd dan layar sentuh

      Delete
    2. pernah lihat video yutube dg alat khusus fin

      Delete
  7. maaf saya mau tanya, untuk ganti lcd dan layar hp samsung j2 prime berapa ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau ganti layar sentuh dan lcd samsung galaxy j2 prime harganya sekitar 900rb an gan

      Delete
  8. brarti ga bisa ini ya min kalo cuman ganti tc nya doang? Harus sepaket sm lcdnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya za, tapi cob tanyakan kounter dulu siapa tau punya kanibalan touchscreen yang gak kepakai.

      Delete
  9. bng ane touchscrenx seblah knan jà yg mati...itupun sedikit..kira2 btuh biaya brp gan???

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba di pancing dengan pemantik korek api yur. ada kok caranya di blog saya ini cari saja. kemarin habis benerin layar sentuh temen sudah berhasil tanpa ganti layar sentuh

      Delete
    2. Ente buka bengkel HP dmn gan???klo msh daerah jakarta ane mw cba kstu,,,,,

      Delete
    3. ane cba pke pemäntik koreķ gak bsa gan.....

      Delete
    4. kalau yang eror tidak bisa disentuh tidak banyak saya terapi dengan pemantik korek api biasanya berhasil. untuk samsung core 2 kemarin juga tidak berhasil karena terlalu banyak yang tidak bisa disentuh.

      Delete
  10. punya ane kan hbs jatuh kenceng,hp nya masih nyala tapi layarnya item gan,ada sedikit retak,kira2 solusinya gmn ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kemungkinan besar kalau layar hitam seperti itu rusak di lcdnya mam, coba dinyalakan dan di telpon klau masih bunyi atau getar berati masalah hanya pada layar lcd.

      Delete
    2. oh begitu ya,jadi problem pd LCD kalo masih bisa getar sm bunyi ..
      sip deh,terimaksih mas atas solusinya ..

      Delete
    3. oke mam, sama-sama terimakasih atas kunjunganya di blog tukang utak-atik ini

      Delete
  11. Ada yg punya lcd j2 nya boss yg msih normal... Buat kanibalan nih...

    ReplyDelete
  12. kalau hp sya memang di banting kencang dan layarnya retak saat di aktifkan layarnya itam semua tapi telpon masuk sms masuk kdengaran hnya sja tidak bisa di angkat krna layarnya juga retak parah.kalau kayak gitu solusinya gimana yah kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya harus ganti lcd sama touchscreenya sin. tidak ada cara lain selain itu

      Delete
    2. Punya aku samsung j2 semua masih berpungsi bagus tapi gak bisa d sentuh karna masuk air

      Delete
    3. itu yang bermasalah di layar sentuhnya dan harus diganti, dan masalahnya lagi kalau samsung galaxy j2 kalau ganti layar sentuh harus satu paket dengan lcd.

      Delete
  13. Biaya ganti lcd xiomi redmi 2 prime sama ganti konektor lcd karena penjepit kabel lcd nya patah kira kira berapa gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. diakalai dengan di lem pakai lakban bisa enggak gan? saya belum pernah melakukan penggantian penjepitnya

      Delete
  14. Kak, solonya dimana ya? Singosaren at daerah mana? Aku sbnernya bingung, hp.ku sering jatuh, tp kata temenku yg retak cm bagian screenguard.nya, org hp.ku masih berfungsi baik..

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku sragen pril. kalau screen guard berati cumatempered glass atau anti gores saja. kalau benar gantinya gampang itu

      Delete
  15. Biaya ganti touchsreen j2 prime brp ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau j2 prime kayaknya harus satu paket dengan lcd deh gan, harganya agak mehong..

      Delete
    2. Ngga gan kemarin ane cuma ganti lcd touchsreen ga diganti klo j2 prime mah

      Delete
  16. kalau suaranya nyala tapi layar mati , apanya itu gan ?
    kalau di servis butuh biaya berapa kira2 ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah kalau ada suaranya kemungkinan besar yang rusak itu lcdnya mas wendi.

      Delete
  17. Punya ane kalo tengah dipencet ada noda ungu gan..terus suka eror minimize sendiri

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk noda ungunya seperti apa ya mah, kurang begitu paham dan jarang melihatt kasus seperti ini. kalau untuk yang sering minimize sepertinya tpuchscreen e bermasalah.

      Delete
    2. lokasi bengkel hp sampeyan pundi @budiyanto

      Delete
    3. saya di rumah saja mas agus. di sragen

      Delete
    4. Mas hp saya klo layar y di matiin kliatan da warni warni kae pelangi tpi cuman sdikit. Itu apa ya

      Delete
  18. Bg mau nanya j2 prime saya menu recent appsnya muncul sendiri terus menerus padahal gak ditekan ,apa penyebab dan solusinya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemungkinan touchscreenya bermasalah itu gan, di layar aoakah memakai tempered glass? kalau iya coba lepas dulu bagaimana haslinya.

      Delete
    2. punya saya sama persis mas bhara.
      sdh saya lepas antigoresnya msih tetep error gitu.
      trus saya balikin ke setelan pabrik msih error jg.
      kira2 solusi nya apa ya om..??

      Delete
    3. kemungkinan besar itu masalah di layar sentunya gan, untuk mengetasnya ya harus ganti layar sentuh dulu

      Delete
    4. Apakah sesudah ganti LCD , HPx bisa dioprasikan seperti sediakala tanpa lemot n lola gan. Ada pengaruh tidak setelah ganti LCD dengan HP yg sama sekali onderdil pabrik asli..???

      Delete
    5. kalau lemot bukan masalah dari lcd, itu bisa dari software. coba lakukan flashing ulang terlebih dahulu.

      Delete
  19. Seandaix sudah ganti LCD, apakh HP bisa dioprasikan seperti biasa/normal jaya seperti sediakala, tanpa lemot n lola gan??

    ReplyDelete
  20. Punya saya j2prime
    Kondisi semua normal .hanya saja tombol kembali itu sering mncet2 sendiri . Apakahitu yg rusak tcnya apa sensornya

    ReplyDelete
  21. Punya aya j2 prime.kondisisemua normal hanya saja tombol kembali sering mencet mencet sendiri.apakah itu yg rusak termasuk tc

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau itu namanya ghost touch, permasalahan emang dari touchscreen.

      Delete
  22. Kak kalo lcd nya pecah dikit aja dekat tombol kembali itu kira2 brapa ya. Cumak sedikit aja. Kalo ganti kesing aja bisa tidak ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba pastikan dul hpnya ada tempered glassnya atau tidak kalau pecah bisa jadi dari touchscreen atau tempered galss

      Delete
  23. Kalo touch nya kadang gerak" sendiri gimana? Masih bisa dibenerin ngga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu gerak geraknya pas posisi dicas atau tanpa dicas nit?

      Delete
  24. Beli Ts.nya skalian belajar bongkar pasang, itu terpisah kok TS&LCD. Barusan sy copot ini lumayan kuat lemnya. Alatnya solder blower pemanas sama bekas kartu perdana, kuncinya sabar hati2 & byk2 browsing hal bongkar pasang ts lcd.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya betul yang dikatakan mas dui hook. kalau teknisi mau sabar bisa melepas ts dan lcd. kalau yang nggak sabar main ganti satu paket dengan lcd
      tergantung sama spare part juga ding

      Delete
  25. Klo ganti tc sama lcd j2 prime apkah ada efekmya bang?
    Kaya touchscreen bisa kumat lagi gitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau setelah ganti touchscreen dan lcd tidak akan kumat lagi. masalhanya itu memang ada masalah pada lcdnya

      Delete
  26. Mas hp saya samsung j3 pro.. Touch ny retak pinggir nya aja, tapi lcd ny masih bagus, kira kira klw ganti pake separated glass ny aja bsa gak? Soal ny mahal banget klw ganti sama lcd ny juga

    ReplyDelete
  27. Mas hp saya j3 pro touch nya retak tapi lcd ny masih bagus, kira kira klw ganti pake separated glass aja bisa gak ya.. Gak usah ganti lcd nya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya kalau rusak temperedgalssnya tinggal ganti. tapi kalau touchscreen ini agak susah karena dijual satu paket dengan lcd rata-rata.

      Delete
    2. Bang hp saya mencet mencet sendiri atasnya tombol kembali itu kenapa ya bang

      Delete
    3. kalau orang bengkel namanya ghost touch. salah satu bagian touchscreen mencet sendiri. solusinya ganti touchscreen.

      Delete
  28. berarti tc sama lcd bisa cuman ganti tc nya aja ya gan tanpa lcd jg?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa mas, tapi ada beberapa jenis lcd yang dijualnya satu paket karena untuk memisahkan lcd dan tc itu susah.

      Delete
  29. J2 saya tombol back sma tc sekitar bagian pojok suka eror otomatis tersentuh sndiri kira2 apanya ya yang harus di perbaiki

    ReplyDelete
  30. Kalo ganti tc ajah bisa gk ya j2 prime ane gk bisa d.sntuh grgr kna air

    ReplyDelete
    Replies
    1. ngga bisa beng, harus satu paket dengan lcd kalau mau ganti toucsreen samsung galaxy j2 prime

      Delete
  31. J2 prime sya suka kembali kemenu uyama, igu knp ya gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa masalah dari tombol home bisa juga karena touchscreenya bermaslah gan

      Delete
  32. Hp saya samsung j2pro gara" jatuh lcd nya pecah kira" berapa ya biaya ganti lcd nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. lcd samsung j2 pro yang original sekitar 800rb an coy

      Delete
  33. Kalo j2 prime tombol kembalinya ga responsif gimana? Sama suka kesentuh sendiri apa yg mesti diganti? Brp biaya nya ya?

    ReplyDelete
  34. mau tanya punyaku hp j2 biasa ndak bisa nyala tapi bila hidup kan keluar bunyi..layar pecah kalau servis sampek berapa ya gan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk samsung j2 layar lcd dan touchscreen harganya masih sekitar 300rb untuk yang kw kalau ori lebih dari 500rb

      Delete
  35. Mas kalo hp saya j2 pro kaca pecah kira berapa y

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gan j2 prem saya bagian bawah yg spasi ga bisa digunakan klu bagian atas nya lancar kira2 apa nya dan klu di betulin sekitaran berapa gan.. Trims pak admin

      Delete
  36. Klau j2 sya d layar ny ada gumpalan sperti ada minyak. Efek ny layar jdi gerak2 sndiri gan, itu knapa ya? Harus d ganti apa bisa d prbaiki?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau layar gerak gerak sendiri itu karena touchscreen bermasalah, tidak ada cara lai selain ganti toucshscreen

      Delete
  37. Kalau boleh tanya kira2 berapa ya gan biaya ganti layar sentuh samsung galaxy grand prime? Hp sya hbs jatuh layar sntuhnya retak nih 😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. masih bisa disentuh enggak nen? untuk touchscreen aharganya sekitar 50-90rb

      Delete
  38. gan hp saya j2 kan abis jatuh terus layar nya retak tp yg lain berfungsi smua aman2 ajh cma layar nya retak kira2 klo ganti layar nya ajh bisa gx y??apa harus 1 paket??rata2 berapa tuh low service ganti layar??

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk ganti layarnya saja bisa tapi untuk yang bisa ganti nanti agak sulit harus di tekan dengan oven supaya lemnya lepas. kalau cuma ganti layar sekitar 130rb

      Delete
  39. Gan mau tanya nih, saya punya j2 prem bagian bawah nya yg spasi ga bisa digunakan klu bagian menu yg lain nya yg atas bisa kesentuh, ko yg bawah ga bisa ya, kira2 apa yg kena dan klu dibetulin berapa... Trims pak admin

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu touchscreenya gan, coba dipancing dengan distrum pakaipemantik korek api pada bagian yang tidak bisa disentuh ada beberapa lcd yang bisa solve dengan cara tersebut.

      Delete
  40. Gan ganti kaca j2 biasa brapa soale retak .yg laen normal ...makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau cuma touchscreen harganya sekitar 130rb kalau dibawa ke tempat servis

      Delete
  41. 130rb harga di mas Budi ya?
    Atau harga standar.
    Soalnya teman sy layar/kaca retak yg lain masih berfungsi normal

    ReplyDelete
    Replies
    1. harga stander 180rb itu dibuka lapak saya belinya gan

      Delete
  42. 130 rb harga di mas Budi atau harga standar ya?

    ReplyDelete
  43. Kalau hp ku sering mencet2 sendiri. Itu knpa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk touchscreen yang sering mencet sendiri itu kebanyakan dari ts nya yang bermasalah solusinya ganti ts

      Delete
  44. Bang mau tanya klo touchscreennya suka mencet tombol back sendiri knpa ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu bermasllah di touchscreenya om, solusinya adalh dengan mengganti touchscreen.

      Delete
  45. Mas kalau di hp ada bercak putih itu lcd nya harus di ganti ya mas

    ReplyDelete
  46. Permisi bang mau tanya, hp samsung j2 prime saya tcny retak dn layarny berwarna hitam. Apa yg hrs diganti bang?dn kira2 brp biayany? Makasi bang...

    ReplyDelete
  47. Gan hp samsung j2 saya habis kenak air. Tpi di charge masih biza dan setelah dihidupin hanya muncul logo samsung nya saja. Suda coba untuk di reboot tapii ttep ngg bsa dan ttep muncul logonsamsung ajaa. Kira2 ituu kalo di servis habis berapa yaa gan? Dlu pernah ke tukang service katanya hardwarenya yg rusak.
    Mohon jawabannya gab

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kemungkinan kemarin pas airnya belum hilang atau kering semua sudah dinyalakan dan mengakibatkan konslet pada salah satu komponen. kalau untuk biaya tergantung komponen yang rusak kalau estimasi saya sekitar 100-200rb an

      Delete
  48. Gan yang aku kemarin hpi injak trus layarnya pecah alhmdulillah semua masih berpungsi dan lcd masih bagus. Kira kira berapa gan kalo ganti layar kaca nya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. berarti yang retak cuma layar touchscreenya saja itu bang. kalau mau ganti layar depan itu harus satu paket dengan lcdnya bang harganya 200rb an

      Delete
  49. Misi bang mau nanya crìtanya gini hp saya jatuh trus bagian atás ada sdikit retak awalnya nya si normal2 aja tapi makin ksini kadanģ si layar suka neken sendiri gerak ga beraturan ini juga saya ngetik susah kadang keteken kang loncat kmana. Mihon solusinya gan terimakasih

    ReplyDelete
  50. Ide dong cara lain atasi ghostscreen selain pakai pematik api ato ganti LCD and touchscreen.

    ReplyDelete
  51. Lcd J2prime bisa untuk ganti j2pro yg rusak kah?

    ReplyDelete
  52. Kalo layar normal tapi mencet" tombol kembali sediri terus"an solusinya gimana ?

    ReplyDelete
  53. Kalau layarnya normal tapi mencet" tombol kembali sendiri terus"an solusinya gimana ?

    ReplyDelete
  54. Wah terima kasih atas informasi website sehingga kami memahami mengenai tips hardisknya

    Kami juga membahas ini di website kami, Monggo juga mampir sebagai info untuk beberapa informasi tentang ciri-ciri hardisk rusak
    https://bangamingadget.com/ciri-ciri-hardisk-rusak/

    terima kasih


    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

BAHAYA!! Jangan Menggunakan Lem ALTEKO Untuk LCD Dan Touchscreen

Selamat malam, berjumpa kembali dengan blog tukang Utak-Atik. Pada kesempatan kali ini saya tidak akan membahas kerusakan dari gadget. Namun ini sangat penting sekali diketahui teman-teman teknisi atau calon teknisi, karena ini merupakan pengetahuan dasar jangan sampai nanti berakibat fatal. Lem yang digunakan lcd dan toucsreen ini dibuat khusus, jangan sampai kita sembarangan menggunkan lem untuk memasang lcd dan touchscreen. Seperti yang dilakukan tetangga saya kemarin. Niatnya untuk mengelem supaya touchscreen tidak membuka tapi yang dia gunakan adalah lem alteko. Hasilnya bukanya jadi rekat malah lem jadi merembet kemana-mana. Seperti pada gambar di bawah ini. Dari gambar di atas kita bisa menarik kesimpulan bahwa jika kita sembarangan menggunakan lem bisa berakibat sangat parah sekali. Untung hanya bagian atas saja yang terkena lem, coba kalau seluruh sisi touchscreen dilem dengan alteko bisa-bisa seluruh mesin terkena lem semua karena lem ini berbentuk cairan jadi jika ter

Cara Menghilangkan Bekas Lem LCD HP

Selamat pagi berjumpa kembali dengan blog tukang-utak atik, pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang lem lcd yang membandel. Kasus seperti ini pasti sering kita alami ketika mau mengganti lcd. Sisa-sisa lem tidak akan hilang semuanya. Pasti masih ada yang tersisa, kalau tidak hilang semua kita tidak akan bisa memasang lcd dengan mudah. Selain untuk memasang kita juga bisa menggunkanya ketika mau menghilangkan sisa lem yeng kebaykan saat memasang lcd. lem yang keluar di casing tentu akan membuat pemandangan jadi tidak nyman, oleh karena itu perlu kita bersihkan lem tersebut. Untuk membersihkan lem biasannya saya menggunakan minyak kayu putih, pertalite dan alkohol. Pokonya sedapatnya saja alhamdulilah dengan ketiga cairan ini lem yang membandel bisa hilang dengan cepat. dan hp kembali jadi mulus. Cara membersihkan lem ini cukup dengan membasahi kain dengan cairan kemudian usapkan pada bagian hp yang terkena lem. jangan menyiram karena bisa terkena ke komponen-kompone

Cara Memakai Cas Kodok Atau Cas Dekstop

Selamat malam para pengunjung blog ini, ini postingan ini saya buat dari keyword yang sering muncul pada blog saya. Kebanyakan memang belum tau cara bagaimana untuk menjumper batre dengan cas kodok, tidak perlu berlama-lama lagi langsun saya bahas di sini saja. Dimalam menjelang tidur ini saya mau mebuat postingan mengenai cara Pemakaian Cas kodok atau cas dekstop juga sering di sebut dengan nama cas universal. Alasan saya membuat postingan ini adalah karena banyaknya komentar di facebook yang menanyakan cara penggunaan cas kodok, Dari pada saya capek menjawab berkali-kali mending saya buat postingan ini biar Mbah Googel yang mnegarahkan kesini. Bagi yang belum tau wujud dari cas kodok berikut adalah penampakanya. Kenapa diberi nama cas kodok, mungkin karena bentuknya yang kecil sebesar kodok atau entah apa yang jelas setau saya cas kodok wujudnya seperti itu. Sekarangbagai mana cara memakainya karean ini tidak ada kabel yang ditancapkan ke hp atau tablet.  Untuk me

Cara Menggunakan Lem Untuk Memasang LCD dan Touchscreen

Selamat siang selamat berjumpa kembali dengan blog tukang utak-atik. Pada kesempatan kali ini saya akan sedikit certita tentang pengalaman saya ganti lcd hp. Untuk ganti lcd ini kita perlu memperhatikan pada saat kita memasang lcd yang baru maka lem yang merekat dengan casing harus benar-benar kuat. Jika tidak, pada saat dipakai nanti bisa terangkat keatas lcdnya. Jadi harus teman-teman perhatikan dengan baik proses pengeleman ini.  Biasanya saya menggunakan lem b 7000 yang saya beli di toko online yang khusus untuk mengelem lcd dan touchscreen. Jika teman-teman tidak punya lem tersebut, teman-teman bisa menggunakan lem castol yang mempunyai daya rekat yang cukup kuat tapi tidak merusak casing. Jangan sekali-kali menggunakan lem alteko, karena bisa rusak lcd teman terkana panas dari lem  atleco.  Nah setelah dilem, jangan langsung dibiarkan tekan terus menerus supaya lem benar-benar merekat dengan baik. Teman-teman bisa menggunakan cara melilit dengan karet seperti gambar

Cara Menghilangkan Dent Pada Hp Samsung Galaxy S7-S7 Edge

Selamat pagi, selamat berjumpa kembali dengan saya selaku admin blog tukang utak-atik ini. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang dent pada samsung galaxy S7. Sebenarnya ini juga berlakuku untuk jenis hp lain. Berhubung samsung galaxy S7 ini termasuk jajaran ponsel dengan harga mahal jadi kalau ada goresan atau cat yang mengelupas pada body ponsel akan sangat mengganggu pemandangan kita. Selain itu juga mempengaruhi harga jual kalau dengan kondisi ada dent sperti ini. langkah-langkah untuk menghilangkan dent adalah dengan membersihkan menggunakan compon atau dengan pasta gigi, dengan tujuan supaya goresan yang ada pada hp akan merata. Cara ini tidak akan berlaku bila dent atau goresan pada hp terlalu besar.  Jadi supaya kita terhindar dari dent atau goresan pada ponsel, selalu lindungi menggunakan silicon case atau hard case supaya tidak terkontak dengan casing hp secara langsung. Atau ketika jatuh yang tergores adalah pelindung hp terlebih dahulu.  Saya r

Cara Mengatasi Konektor/Port Colokan Hardisk Eksternal Rusak

Hardisk eksternal merupakan evolusi dari disket yang bisa dibawa kemana-mana tetapi dengan kapasitas yang sangat besar. Fungsi utamanya tetap sama yaitu untuk menyimpan data yang portabel dan bisa dibawa kemanapun dan siap setiap saat. Jika dibandingkan dengan disket kapasitas hardisk ini tidak ada apa-apanya. Diksket hanya mapu menampung ukuran sekitar 15Mb, sedangakan hardisk bisa ribuan giga.  Dibalik banyaknya keunggulan yang dimiliki oleh hardisk eksternal, ada pula kekurangan yang dimiliki diantaranya adalah rawan rusak ketika kita tidak pandai merawatnya. Salah satu contoh adalah ketika hardisk ini terjatuh karena tidak diberi pelindung atau karena colokan poert hardisk ekternal ini patah maupun rusak. Apakah masih bisa diperbaiki jika colokan hardisk ini rusak? Jawabanya adalah tergantung dari konektor yang digunakan. Ada beberapa merk hardisk yang colokan kabelnya gabung dengan hardisk. Untuk kasus seperti ini cara mengatasinya agak susah karena kita harus mengurut