Tempat sharing pengalaman tentang gadget

Perbedaan Kerusakan Pada LCD Dan Touchscreen

Selamatpagi berjumpa kembali dengan Blog Tukang Utak-Atik. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang perbedaan kerusakan yang terdapat pada lcd dan touchscreen. Karena masih banyak teman-teman yang masih bingung jika layar retak itu yang rusak hanya touchscreen atau lcdnya. Supaya lebih jelas, mari kita bahas bersama-sama disini.

perbedaan kerusakan lcd dan touchscreen

Sebenarnya untuk membedakan kerusakan lcd dan touchscreen cukup mudah. Karena kedua layar ini merupakan perangkat yang berbeda dan mempunyai fungsi yang berbeda pula. Kalau lcd berfungsi untuk menampilkan gambar atau tulisan di hp, sedangkan touchscreen berfungsi sebagai input touch seperti mouse kalau pada komputer. Jadi jika jatuh retak belum tentu keduanya mengalami kerusakan. Jika touchscreenya pecah, lcd kemungkinan masih baik. Tapi jika lcd pecah sudah dapat dipastikan bahwa touchscreen juga mengalami kerusakan.

Kalau kerusakan pada touchscreen yang retak, sebenarnya tidak harus ganti touchscreen. Karena banyak hp yang meskipun retak touchscreenya tapi masih bisa berfungsi dengan normal. Hanya saja kurang enak dipandang, masak hp retak seperti itu.

Untuk penggantian touchscreen atau layar sentuh harganya tidak semahal dengan harga lcd. Namun untuk touchscreen hp yang keluaran baru sekarang kalau mau ganti touchscreen harus satu paket dengan lcd. Karena desain hp yang semakin tipis membuat pemasangan lcd dan touchscreen melekat jadi satu kesatuan. Meskipun ada yang bilang bisa dipisahkan, tapi cara ini sangat sulit sekali. Harus mempunyai keterampilan yang cukup

Saya akhiri dulu postingan yang membahas perbedaan kerusakan pada lcd dan touchscreen. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa dengan postingan saya yang lainya.
Tag : servis hp
149 Komentar untuk "Perbedaan Kerusakan Pada LCD Dan Touchscreen"

Gan disini klau ganti lcd dan touchsreen hp xiaomi MI NOTE 2 bisa gak?, karena hp saya hbis jatuh.

Bisa gan, gampang kok cara gantinya.

Gan hp saya A5 2017 jatuh dan retak2. Tapi masih berfungsi dengan baik, kira2 bisa ganti touchscreen nya aja? Biayanya berapa gan?

Gan kalo hp coolpad max dual lite itu lcd sama touchscreenya nyambung ayo ga?

Hp saya asus zenfone 3max habis jatuh langsung garis-garis. Mungkin kena lcd nya, tetapi masih bisa ditouchsreen.
Apakah kalo dibiarin bisa berdampak pada layar sentuhnya ?

untuk hp coolpad malah belum pernah bongkar saya yu. Kalau dilihat dari desainya kemungkinan itu nyambung lcd dan touchscreenya

kayaknya tidak berpengaruh mas hud, kalau berpengaruh seharusnya pas baru setelah jatuh sudah ada tanda-tanda touchscreen rusak.

Hp Saya advan i7 4g lite kemaren habis kejatuhan kaleng rokok
Layarnya pecah gambar masih bagus
Tp ng da respon klo di sentuh
Kira2 apa yg musti di ganti?

itu yang harus diganti touchscreenya ril. harganya sekitar 100rb an.

kalo j5 2015 gabisa disentuh kenapa ya gan?

Tc s3 big retak lcd aman skitar brp yaa klau gnti

Kl utk samsung j5 gmn mas ? Hp saya kmrn jatuh, kaca dan tempered glass nya pecah, tapi untuk touchscreen nya masih aman di sektiaran yg pecah. Kl harga nya yg ori sekitaran berapa ya mas.
Makasi

kalau touchscreen rata-rata harganya sekitar 40-100rb an gan. tergantung toko tempata anda beli. kalau di bukalapak pernah beli sekitar 30rb malah

itu j5 tahun 2015 apa 2016 ya gan? soale ada banyak. untuk tahun 2016 ke atas kalau mau ganti touchscreen harus satu paket dengan lcd soalanya susah nyari sparepart dan susah juga cara memasangnya. hehe

kemungkinan besar layar sentuh atau touchscreenya yang bermasalah.

ini touchscreenya nggak retak? cuma temperedglassnya saja? kalau gitu tinggal ganti tempered glassnya saja.

maaf mas mau nanya, hp saya xiomi note 4x layarnya retak dan gak bisa di sentuh itu perbaikannya harus satu paket lcd atau bisa touchscreen nya aja

harus satu paket om, untuk ganti touchscreen saja susah cara misahinya

Gan, hp saya mito a75 layar nya pecah dan ga bisa di sentuh. Kalo itu kerusakan touchsreen atau lcd gan ??

kalau gambarnya masih jelas oppo ngga zan, kalau masih bagus berati hanya perlu ganti touchscreen saja.

kalau untuk samsung galaxy j1 ace layar lcd dan touchscreen menyatu gan. harus satu paket kalau mau ganti.

Kalau xiaomi note 3 ganti touchsreenya aja bisa ga

sebenarnya bisa, tapi karena memisahkan antara lcd dan touchscreen nya susah jadi lebih memilih langsung ganti satu paket. tidak ambil resiko terlalu besar.

Gan, saya punya masalah sama hp saya. Hp saya sony z3 compact touchscreen gak respon dan status bar gak bisa di scrool bawah.. Kira2 harus ganti satu paket dgn lcd atau cuma touchscreen nya saja? Sekitaran berapa ya?

yang bermasalah cuma touchscreenya saja itu gan.

Hp xiomi redmi 5a lcd sama touchscreen nyatu ga bang lcd gua pecah

Xiomi redmi 4a nyatu ga lcd SMA TS

sebenarnya semua lcd dan touchscreen itu terpisah gan, tapi untuk xiaomi seri redmi 2- redmi 5a ini lcd dan touchscreen lemnya sangat kuat sekali jadi misahinya susah, kalaupun bisa resiko pecah lcdnya.

menyatu put lcd dan touchscreen redmi 4a

Hp aku j3 ka , jatoh touchscreen nya pecah dikit , kira2 lcd nya kena ga ya takut ngerembet ,,

Untuk masalah ghost touch pada seri asus zenfone 2 laser ze601kl bisa ganti touch screen nya saja atau harus 1 paket sama lcd nya? makasih sebelumnya

kalau gambarnya masih jelas berati cuma kena touchscreenya saja itu tik.

kalau saya biasanya sgak mau ambil resiko satu paket gan, gak mau ambil resiko misahin lcd dan touchscreenya

Punya saya Sony Xperia Z3 big itu retak gambarnya masih ok tapi udah ga bisa di sentuh. Kalo gitu yg diganti apanya? Mohon bantuannya .

kalau semacam itu harus ganti touchscreenya die

ka punya aku vivo7+ kemarin abis jatoh, trs layarnya retak tp masih berfungsi dengan baik, trs ini yg diganti lcd apa touchscreennya?

Hp saya redmi 2 prime, layarnya retak, terus yg bisa di sentuh cuma bagian atas layar. Bagian setengah kebawah engga berfungsi. Kira2 harus ganti apanya?

itu pakai temepered glass (antigores) atau ngga ma hp nya? kalau pakai kemungkinan yang retak cuma tempered glassnya saja. kalau tidak pakai berarti touchscreennya yang retak, tapi kalau mau ganti harus satu paket dengan lcd.

itu bagian touchscreenya yang rusak fan, coba diperbaiki dengan pemantik korek api.

Gan kalo opo a39tuchcren retak tapi lcd gak bisa gak ganti tuchcrennya aja

iya gan ganti touchscreenya saja bisa kalau cuma retak di layar bagian luar

Mas numpang nanya, Hp saya samsung J7 pro, layarnya kerendam air mineral yang tumpah di matras sekitar beberapa jam(saya lg tidur dan Hpnya menghadap kebawah), trus touchscreennya gk fungsi total tapi gambarnya masih ok, ganti touchscreen saja atau barengan sama lcd nya untuk samsung J7 pro?

Mas hp saya sony, kemaren jatuh terus pecah touch screen nya cuma berfungsi separo, it yg d ganti apa nya ya

hp sony yg apa jer? kalau layar lcd tinggal separo itu harus ganti lcdnya

gan hp evercoss s55 saya TC ny rusak sYour comment will be visible after approval.ebagian dari tengah ke bawah. kalo mau ganti apa harus Sepaket bareng LCD nya atao bisa dipisah ???

lebih amanya satu paket gan, nanti takutnya kalau beli salah satu misahin lcd dan touchscreenya susah.

Bang untuk hape LG X power kira kira kalo ane beli lcd plus touchscreen nya doang, terus minta pasangin di tukang servis hape biasa kena berapa ya normalnya? Biar gak ditipu

Bang untuk hape LG X power ane mau nanya 2 pertanyaan,

1. Kalo ane beli lcd plus touchscreen untuk versi k220 tapi hape aneh k220dsz bisa nyambung gak?

2. Terus kalo ane udah beli itu lcd dan touchscreen, lalu ane minta pasangin di tukang servis biasa, normalnya kena berapa ya? Biar gak ketipu gitu

Thank you

Oke siap bang amin akan saya jawab pertanyaanya.
1. untuk lg x k220 dan k220dsz kebetulan saya belum pernah membongkar gan ganti lcd, kalau dilihat secara sekilas layar kedunya sama dan desain serta ukuranya juga sama. yang membedakan adalah dukukan slot sim saja. kalau yang dsz itu bisa dual sim sedangkan yang satunya tidak.
2. relatif tergantung dari masing-masing toko juga, soalnya kalau hanya jasa pasang biasanya akan dikenai baiaya agak mahal soalnya ada resiko jika lcd jatuh atau insiden yang lain. rata-rata sih sekitar 50-100rb, kadng bisa lebih

Ka klau hp lenovo a7000 lcd sama touchsceen nyambung gak

Gan ane mau nanya ,ane pnya samsung j5 2015 lcd ane bermasalah ,kalau cuma ganti lcd nya aja bsa ga si ?soalnya touchscren ane masih normal jaya .itu bisa beli terpisah ga si gan ?mohon jawabnnya ya

Gan kalo mi max touchscreen sama lcd nya nyatu ga ?

nyatu gan satu paket kalau mau beli lcd mi max

nyambung jadi satu dengan lcd sri touchscreen lenovo a7000

ngga bisa yang harus satu paket kalau mau ganti lcd

Malam mas, mau tanya utk samsung s8+ kl touchscreennya retak harus ganti sekalian lcd nya juga kah? Trimakasih

Mau tanya, kalo vivo y53 kaca retak tpi touchscreen msih ok dan lcd masih normal. Yg diganti apanya gan?

Hp saya sony z4 jatoh dan layarnya retak, jadi gak fungsi sama sekali. Itu kira2 rusak lcd atau touchscreen nya aja ya??

gan, hp saya vivo y21, lcdnya retak, layarnya setengah item tapi touchscreennya bagus, masih normal, kacanya juga ga retak, itu harus diganti satu set atau bisa lcdnya saja, gan? trimakasih sebelumnya

maaf mas baru bisa buka blog, masih sibuk dnegan lebaran. kalau touchscreen samsung galaxy s8+ itu satu paket dengan lcd. jadi kalau mau ganti harus satu paket

sebenarnya itu hanya pada touchscreeen tapi karena lcd dan touchscreen vivo y53 dijual satu paket jadi kalau mau ganti harus dua-duanya.

touchscreenya bermasalah itu itu gan. harus diganti touchscreenya

untuk vivo y21 kalau mau ganti lcd harus satu paket dengan touchscreennya yon

Gan hp saya samsung j2prime layarnya kadang gerak/loncat sendiri itu masalahnya di touchscreen atau lcd

itu masalah dari touchscreen gan, sudah berapa lama itu loncat-loncatnya gan

gan hp samsung j7 pro saya jatuh dan layarnya pecah. itu kalo ganti touchscreenya aja apa sama lcd nya ?

harus satu paket dengan lcd gan kalau ganti touchscreen samsung j7

numpang nanya mas saya punya Samsung S5 ori gara gara kejatuhan kunci layar cuma bisa disentuh tengah ke atas apakah harus ganti satu set/touch nya saja

coba perbiki dengan pemantik korek api yog, ada beberapa kasus touchscreen tidak berfungsi sebagian seperti itu bisa diatasi

Gan, kalau misalnya layarnya pecah parah, tapi hp masih bisa idup, g ada garis2, trus touchscreennya masih berfungsi, tapi agak sering kepencet sendiri itu gimana gan?? Apa harus ganti dua-duanya? HP saya Xiaomi Mi Max

Kalau xiaomi mi max bisa cuma ganti touchscreennya doang g gan? Kisaran harga brp ya kira2?

ngga bisa ta, harus satu paket dengan lcd. Memangya touchscreenya kenapa ta?

Kalau cuma ganti touchscreen samsung j7 pro tanpa ganti lcd bisa ga?

Ngga bisa gan samsung galaxy j7 kalau rusak harus ganti satu paket dengan lcd

Makasih gan infonya. Ini juga hp saya (xiaomi 4a) layarnya retak2 dilempar2 sama bocah. Kalo misal ganti lcd+touchscreen kira2 biaya gantinya berapa ya? Lcd+tcs nya kita yg beli, bar jasa aja bang maksudnya

Kalau jasa pemasangan sekitar 50-70 rb gan

Gan klo layar mati tpi klo denger musik sma buka kamera bisa,itu yg rusak apanya gan?

bisa dari lcd dan kabel fleksibelnya gan. bisa juga karena konektor kabelnya kendor

Gan kalo redmi 4a lcd ama touchscreen nyatu nggak?

untuk redmi 4a lcd dan touchscreen mnyatu gan. kalau mau ganti harus satu paket

Gan..kalau redmi 4x touchscreen nya yg retak..harus ganti lcd juga?

Kalau ho vivo v5 layar retak tptp semua dipakai masih normal itu yang rusak apanya ya?
Retak gara gara ke lempar, retaknya byk gitu
Tolong jmjwb y 😁

itu rusak touchscreenya mbak, kalau diganti harus satu paket dengan lcd untuk hp vivo v5

iya feb satu paket dengan lcd kalau ganti touchscreen xiaomi redmi 4x

gan hp saya xiaomi 4a bagian bawah tombol utk kembali dan sedikit keatas ga fungsi, tapi bagian atas nya masih bisa, itu TS nya ap LCD nya ya gan ?

Mau Tanya kalo ganti touchscreen nya aja hp samsung j3 berapa yah?
Makasih

kalau mau ganti touchscreen samsung j3 harus satu paket dengan lcd nya ko, emang touchscrenya kenapa?

touchscreennya las, coba diservis dengan pemantik korek api

Gan kalo mau servis di tempat agan untuk biaya ganti ts Sony z3 compact berapa gan?

Mas mau tanya hape saya xiaomi redmi note 5 pro, kmren abis jatoh kena batu terus screennya retak. Kira2 apa yg kena yah mas touch screennya masih berfungsi dengan baik hanya saja retak tdk enak dipandang mata. Kira2 harus ganti lcd atau cukup touch screennya saja? Terimakasih

besok tak cek harga dulu nggih

untuk xiaomi redmi note kalau mau ganti touchsscreen harus satu paket dengan lcd fa.

Mas hp saya j7 pro layarnya retak karna jatoh tp semua fungsi berjalan normal, bisa ga kalo hanya ganti ts aja, mohon pencerahannya.
Terima kasih.

Mas saya mau tanya hp saya j7 pro glassnya bagian kiri bawah retak tp semua fungsi masih normal, kalo di betulik kira2 perlu biaya berapa?
Terima kasih.

Mas mau nanya, hp saya xiaomi 4a saya taruh kantong trs keteken mungkin ama meja jadi tombol navigasi ama bagian bawah kira2 sejari ga bisa di pencet, itu kendalanya apa ya dan harga brnerinnya berapa mas ya?

kendalanya ada pada toucsreenya il. itu harud diganti kalau sudah ada yang tidak berfungsin. coba lakukan perbaikan dengan pemantik korek api atau di strum di blog saya ada

Kalo hp Xiaomi redmi 4x bisa ganti touchscreen,nya saja tanpa ganti LCD bisa ngga min, soalnya hp saya jatuh yg pecah cuma kacanya, LCD normal. Kemarin saya bawa ke Counter katanya harus sama LCD kalo Xiaomi. Kan jadi mahal min. Hehe

Nanya nih suhu. Kebetulan sya punya samsung galaxy tab S.8,4 inch jatuh dan retak. Ketika dinyalain layar blank tpi tombol home back dan multiple nya nyala saat di touch cmn ga ada gambar. Sya cba tombol home + power bersamaan utk fungsi screenshootny msh kedengaran. Nah nih yg rusak LCD + touch nya ato gmana ? Dan klo dua2nya kira2 hargany brapa ato sebaiknya lembiru? Thanks sebelumnya

sebenarnya kalau dipaksa bisa fan, tapi resikonya lcd jadi rusak nah karena resiko tersebut banyak tukang servis yang memilih ganti lcd satu paket dengan touchscreen. untuk xiaomi redmi 4x sekitar 350rb kan?

iya mikh itu harus ganti lcd dan touchscreen kalau di tekan tombol masih berfungsi jadi mesinnya masih bagus. untuk harga lcd dan touchscreen samsung galaxy tab s masih mahal sekitar 2jt.

Aq punya ss a72016 kak.klau pencerahan minimum layar nya kedip2..
Itu yg kena apa nya ya.trims

Kalo J5 Prime gimana? Harus ganti satu paket ya? karna touchscreen nya retak habis jatuh

sudah coba dimatikan kecerahan otomatisnya dek? kalau layar kedip-kedip seperti itu banyak sekali kemungjinan, bisa dari baterai bisa juga dari lcd

iya gan untuk samsung galaxy j5 prime kalau ganti toucsreen harus satu paket dengan lcd

Asus z007 layar retak parah tp berfungsi dgn baik,tnp anti gores itu yg rusak cm toucsreen atau hrs gnti satu pkt sm lcd mas?

kalau yang rusak touchscreenya saja ver, tapi kalau mau ganti harus satu paket dengan lcd

Hp saya oppo f1s habis jatus touchscreen nya pecah kira" berapa harga gantinya ya gan?

kalau hp oppo f1s harus ganti satu paket rul harganya sekitar 400rb an

Mau nanya... Klo untuk hp LG Q6 saya kan touch screen nya retak... Tapi kondisi LCD nya gk ada masalah...
Apakah bisa yg diganti cuma spare part touch screen nya aja apa harus sepaket LCD + TOUCH SCREEN nya ???

nggak bisa mas untuk lg q6 harus satu set dengan lcd

Gan mau tanya punya hp xiomi not 3 kemarin jatuh layar nya retak, tpi semuanya masih fungsi masih bisa disentuh dan gambarnya juga masih jelas. Kira" apa ya yg harus diganti?tc or lcd

untuk xiaomi redmi note 3 harus ganti satu paket son

Kak mau nanya kalo lcd buat samsung j7pro kira kira berapa ya. Soalnya di layarnya itu ada bercak hitam gede gitu. Sama biru kecil kecil. Mohon infonya kak.

untuk lcd samsung j7 masih maha nan, itu bercaknya mengganggu bgt ya? yang ori itu harganya sekitar 800-1,2jt

Hp saya xiaomi note 5a layarnya pecah parah tapi hp masih berfungsi dengan baik kira2 kalo ganti tc berapa ya??

Permisi om saya mau nanya untuk hl xiaomi redmi not 5a , hp saya jatuh layarnya retak tapi lcd masih berfungsi normal kira² klo gnti kaca layarnya doang kena berapa ya

Itu kalau begitu yang rusak apanya ya gan? Ada bercak ungu kalo dibiarin makin lebar dan tebal, apa itu lcd nya pecah atau gmna ya?

Gan untuk j5 ku retak/pecah di layarny aj tpi gk ngaruh di funsi. apakah bisa di ganti kacany aj!!!!!makasih

Redmi note 3 tc brpaan gan? Ganti tc aja bisa kan?

Untuk xiaomi note 5a harus satu paket dengan lcd mas gan, harganya sekitar 350rb

ngga bisa mas, harus satu paket dengan lcd

kalau cuma touchscreen sekitar 60rb, tapi kebanyakan yang jula satu paket karena untuk misah lcd dan touchscreen sangant susah

Bos Klo hp redmi note 1 yg 3g ,touchscreen retak apa jg hrs gnt sepaket?

Kira kira berapa kalo ganti sepaket xiaomi redmi note 4x gan

untuk xiaomi redmi note 4 kalau ganti 1 paket harganya sekitar 300rb an bang

Pak kl xiomi a1 kacadepanny pecah lg ldc gpp it harus ganti sepaket ato ganti touchsreanny saja.

Sony z3 compaq nyatu ga mas lcdnya masalahnya saya udah beli tauchscren nya doank nih bisa ga misahinya

harus satu paket mas bro, karna yang jual touchscreen saja juga jarang.
cara misahkan lcd dan touchscreen juga susah sekali

sebenrnya semuah lcd dan touchsreen itu perangkat yang terpisah cuma misahakan kedua perangkat ini sangat susah

mas hp saya j700f lcdnya rusak kalau mau ganti harganya berapa ya?, itu antara j7,j700 sama j700f nggk ada bedanya kan mas?

sama yan, itu masih satu seri

Permisi gan, numpang tanya, hp samsung J5 2016 touchscreen ama lcd-nya misah atau 1 paket ya,,?!

Mas mo tanya tab advan i7 gk bs hidup apa lcd'y yg rusak

satu paket mas gan, harus ganti keduanya langsung

coba dipasangi kartu dan dihidupkan bisa ditelpon apa enggak boy

mau tanya mas. xiaomi note 3 pro lcd pecah parah. tapi touchscreen masih berfungsi. kalau cuma di ganti TC bisa? mahal soalnya kalau di ganti sekalian sama LCD nyq

ngak terlalu mahal gan, kalau mau misahin lcd dan touchscreen susah gan

Om bedanya IC sm LCD apa ya?

LCD itu layar yang nampilin gambar, kalau ic komponen yang ada di dalam hp

Hai may tanya kalo oppo a71 diganti touch screen sm lcdnya berapa ya kira2 biayanya?
Terima kasih

harganya sekitar 350rb gan lcd oppo a71 nya

Tc & lcd a75w bisa beli terpisah gan

belum pernah lihat ada yg jual terpisah ndi harus satu paket dengan lcd

Anakku punya Tablet mito t81 gambar masih ok,, tiap hari buat main game lama kelama'an separuh layarnya gak respon klo di sentuh yg layar bagian bawah ,,, klo separuh layarnya yg bagian atas masih normal,, kira2 harus ganti apanya? & Biayanya sekitar brapa?

ganti touchscreenya itu bang yang bermaslah dan harus diganti.

Bang kalo ganti lcd samsung j2 prime berapa ya?

itu nanti kalau ganti satu paket dengan touchscreen bang sekitar 250rb

Back To Top