Skip to main content

Cara Mengatasi Xiaomi Redmi 3 Pro Matot/Mati Total

Belum lama ini saya baru saja mendapakan pasien xiaomi redmi 3 pro yang mati total alias matot. Dari cerita si pemilik hp ini katanya habis nymplung di kamar madi, setelah diambil hp menjadi mati. Kemudian sudah dikeringkan tetapi tanpa membuka casing sama sekali. Setelah seharian di jemur kemudain dinyalakan hp tersebut, tetapi tidak ada tanda-tanda kehidupan sama sekali. 

Cara Mengatasi Xiaomi Redmi 3 Pro Matot/Mati Total

Setelah saya cek ternyata konsisinya benar, tidak ada tanda kehidupan dari ponsel ini. Sudah saya coab cas tapi tidak ada tanda-tanda hp ini normal. Lalu saya bongkar keseluruhan hp untuk memastikan tisak ada air yang tersisa di dalamya. 

Setalah saya bengkar kemudian saya melakukan jemper pada test point menggunakan pinset dengan tujuan supaya bisa di flash. Akan tetapi hasilnya sama saja. Setalah flash berhasil hp masih belum bisa nyala. 

Saya berkesimpulan bahwa ada hardware yang mengalami kerusakan. Bisa jadi rusak pada ic atau komponen kecil-kecil yang lain. karena ketika hp dinyalakan masih ada air yang tersisa lalu air tersebut membuat komponen di dalam hp menjadi kongslet atau short. 

Kalau sudah seperti ini satu-satunya cara supaya hp bisa normal kembali adalah dengan mengganti mainboard hp. Nah yang jadi pertanyaan dimana kita bisa mendapakan mainboard hp yang masih normal? kalau tidak ada berati ya harus ganti hp baru.

Cukup sekian dulu postingan saya kali ini, semoga bermanfaat dan sampai jumpa dengan postingan saya yang lainya. Jangan lupa untuk meninggalakn kometar jika ada yang belum jelas pada psotingan ini.

Comments

Popular posts from this blog

Perbedaan Kerusakan Pada LCD Dan Touchscreen

Selamatpagi berjumpa kembali dengan Blog Tukang Utak-Atik. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang perbedaan kerusakan yang terdapat pada lcd dan touchscreen. Karena masih banyak teman-teman yang masih bingung jika layar retak itu yang rusak hanya touchscreen atau lcdnya. Supaya lebih jelas, mari kita bahas bersama-sama disini.

Sebenarnya untuk membedakan kerusakan lcd dan touchscreen cukup mudah. Karena kedua layar ini merupakan perangkat yang berbeda dan mempunyai fungsi yang berbeda pula. Kalau lcd berfungsi untuk menampilkan gambar atau tulisan di hp, sedangkan touchscreen berfungsi sebagai input touch seperti mouse kalau pada komputer. Jadi jika jatuh retak belum tentu keduanya mengalami kerusakan. Jika touchscreenya pecah, lcd kemungkinan masih baik. Tapi jika lcd pecah sudah dapat dipastikan bahwa touchscreen juga mengalami kerusakan.

Kalau kerusakan pada touchscreen yang retak, sebenarnya tidak harus ganti touchscreen. Karena banyak hp yang meskipun retak touchscr…

Laptop Yang Cocok Buat Kerja Dan Mahasiswa

Selamat pagi berjumpa kembali dengan blog tukang utak-atik. Pada kesempatan kali ini saya tidak akan membahas tentang gadget atau peralatan elektronik yang rusak. Berhubung banyak teman yang tanya tentang harga laptop yang cocok buat kerja, maka kali ini saya akan membahasnya disini.

Beli laptop itu harus sesuai dengan kebutuhan, buat apa beli laptop mahal-mahal tapi gunanya hanya untuk office dan browsing saja. Kan jadinya mubadzir, yang seharusnya bisa digunakan untuk keperluan lain uangnya. Tapi untuk teman-teman dengan ekonomi kelas menengah ke atas saya rasa tidak terlalu bermasalah untuk ini. 
Spesifikasi atau yang sering disingkat dengan spek adalah rincian dari hardware laptop beserta kapasitas di dalamnya. Laptop dengna spek tinggi biasanya digunakan untuk gamer, desain grafis dan animator. Karena membutuhkan kerja yang berat buat kegiatan tersebut. Jadi harga laptop untuk pekerjaan ini cukup mahal. 
Kalau untuk pemakaian sehari-hari dan buat kerja, laptop dengan spek rendah…

Berapa Lama Waktu Untuk Ngecas Laptop Baru?

Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mengecas laptop baru? Pertanyaan ini sering sekali saya terima ketika saya membelikan laptop teman atau tetangga. Nah, biar semua tidak bingung kali ini blog tukang utak-atik akan membahasnya disini. Jadi simak baik-baik dan baca dengan teliti postingan kali ini.

Sebenarnya tidak ada rekomendasi dari pabrik berapa lama waktu pengecasan. Di manual book pun cuma menjelaskan tegangan yang dibutuhkan dan waktu perkiraan baterai full. Tidak ada perintah untuk mengecas dengan waktu lama ketika baru beli. Jadi kalau menurut saya laptop harus dicas dengan durasi 5 jam itu mitos. 
Ada Mitos lain yang mengatakan bahwa laptop yang baru beli harus dihabiskan terlebih dahulu baterainya. Kemudian dicas selama 5 jam, Setelah itu laptop boleh dicas sampai penuh lalu hentikan proses pengecasan.

Yang paling terpenting dalam melakukan perawatan baterai laptop adalah lakukan pengisian atau pengecasan baterai saat presentase 5-15% dan jangan mencabut charger kalau …