Tempat sharing pengalaman tentang gadget

Laptop Tidak Bisa Diinstal Windows 7 Setelah Instal Windows 10

Ada banyak sekali pertanyaan yang datang kepada saya tentang masalah laptop tidak bisa diinstal dengan windows 7, yang awalanya windows 10 atau 8. Supaya saya tidak capek mengetik tenang masalah ini maka akan saya buatkan postingan yang membahas masalah ini. Sehingga jika ada yang tanya akan saya kasih link menuju artikel ini. 

laptop tidak bisa diinstal windows 7 dari windows 10

Untuk kasus terakhir yang datang ke saya adalah ketika laptop yang dulunya bisa diinstal windows 7 sekarang jadi tidak bisa lantaran sudah di upgrade ke windows 10. Sebagai orang awam pasti akan kaget dan pusing dengan masalah ini. 

Oke masalah ini terjadi karena pada sistem operasi windows 10 menggunakan partisi GPT sedangkan windows 7 menggunakan MBR. Jadi jika mau menginstal laptop yang bersistem operasi windows 8 atau 10 yang teman-teman lakukan adalah dengan merubah partisi tersebut. 

Ada dua cara untuk merubahnya, yaitu dengna memformat ulang hardisk. Dengan catatan semua data yang ada di dalam hardisk sudah dibakup. Kalau merasa data di dalamnya sudah tidak penting maka lagsung memformat ulang dengan menghapus seluruh partisi lalu membuat ulang partisinya. 

Cara yang kedua adalah menggunakan convert partsisi dari GPT ke MBR. Banyak cara dan tutorial yang ada di youtube. Teman-teman bisa melihatnya langsung disana, jika masih kurang jelas nanti bisa teman-teman tanyakan pada kolom komentar di bawah. 
0 Komentar untuk "Laptop Tidak Bisa Diinstal Windows 7 Setelah Instal Windows 10"

Back To Top