Tempat sharing pengalaman tentang gadget

Cara Mengatasi Konektor/Port Colokan Hardisk Eksternal Rusak

Hardisk eksternal merupakan evolusi dari disket yang bisa dibawa kemana-mana tetapi dengan kapasitas yang sangat besar. Fungsi utamanya tetap sama yaitu untuk menyimpan data yang portabel dan bisa dibawa kemanapun dan siap setiap saat. Jika dibandingkan dengan disket kapasitas hardisk ini tidak ada apa-apanya. Diksket hanya mapu menampung ukuran sekitar 15Mb, sedangakan hardisk bisa ribuan giga. 

colokan hardisk eksternal rusak

Dibalik banyaknya keunggulan yang dimiliki oleh hardisk eksternal, ada pula kekurangan yang dimiliki diantaranya adalah rawan rusak ketika kita tidak pandai merawatnya. Salah satu contoh adalah ketika hardisk ini terjatuh karena tidak diberi pelindung atau karena colokan poert hardisk ekternal ini patah maupun rusak.

Apakah masih bisa diperbaiki jika colokan hardisk ini rusak?

Jawabanya adalah tergantung dari konektor yang digunakan. Ada beberapa merk hardisk yang colokan kabelnya gabung dengan hardisk. Untuk kasus seperti ini cara mengatasinya agak susah karena kita harus mengurutkan jalur harus punya dasar elektro yang cukup.

Ada juga yang hardisk ekternal colokannya terpisah. Biasanya konektor ini terdapat pada kesing hardisk. Jadi jika konektor rusak, solusinya adalah dengan mengganti kesing hardisk eksternal dengan kesing yang baru.

Harga dari kesing hardisk eksternal ini tidak terlalu mahal. Cukup teman-teman siapkan uang 50rb, teman-teman sudah bisa membawa pulang kesing hardisk ini.

Ada cara lain juga dengan menyabung hardisk ke dalam PC. Cara ini berlaku buat teman-teman yang buru-buru mau mengambil data yang terdapat pada hardisk ekternal. Caranya hanya dengan menyabungkan kabel sata dan power ke hardisk lalu hidupkan PC.
0 Komentar untuk "Cara Mengatasi Konektor/Port Colokan Hardisk Eksternal Rusak"

Back To Top