Tempat sharing pengalaman tentang gadget

Cara Memperbaiki Baterai UPS Yang Rusak

Selamat pagi berjumpa kembali dengan blog tukang utak-atik. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas baterai ups untuk diperbaiki. Mungkin pertanyaan ini sering ditanyakan oleh teman-teman, apakah bisa baterai ups diperbaiki. Bukankah baterai ups menggunakan baterai kering. Memang jika baterai kering sudah melebhi kapasitas penggunaaan sekitar 2th maka harus diganti. Tapi jika belum ada 2th baterai sudah tidak bekerja secara normal lagi berati ada yang salah dari baterai tersebut, jadi harus dilakukan perbaikan.

cara memperbaiki baterai ups yang rusak

Ada dua hal yang sering saya alami ketika memperbaiki ups yang tidak mau menyimpan listrik lagi. Padahal komponen penyimpannya/baterai masih baru (belum ada 2). Yang pertama adalah masalah kerak yang ada pada konektor baterai, hal ini sering sekali terjadi di dalam ups. Solusinya adalah bersihakan kerak yang menempel dengan anti karat atau dibesihkan dengan air hangat.

Kemdian yang kedua adalah kita pernah melakukan penggantian baterai ups (baterai lebih dari satu) dengan tidak baru semua. Jadi ketiak ups tersebut mempunyai 2 baterai kita hanya mengganti 1 baterai baru ternyata ini membuat kenerja tidak makasimal. Pengalaman saya belum ada satu tahun ups sudah drop lagi.

Lalu masih ada tidak cara untuk mengatasi baterai ups yang rusak? kalau dari pengalaman saya jika sudah masa 2 tahun baterai ups wajib diganti, tidak ada cara lain selain itu.  Pernah melakukan pengisian baaterai secara manual dan ketika dipasang pada ups tidak bisa berjalan dengan normal.

Cukup sekian dulu postingan saya kali ini, semoga beramnfaat dan sampai jumpa dengan postingan tukang utak-atik selanjutnya. 
Tag : lain-lain
0 Komentar untuk "Cara Memperbaiki Baterai UPS Yang Rusak"

Back To Top