Skip to main content

Cara Memperbaiki Baterai HP Yang Cepat Habis Pada Xiaomi Redmi 2

Baterai merupakan komponen yang sangat vital pada ponsel. Jika daya sari baterai ini habis maka ponsel tidak akan bisa nyala. Sekarang ini banyak orang yang membeli ponsel hal pertama yang dicek adalah kapasitas baterai. Semakin besar kapasitas baterai maka semakin lama pula daya tahan baterai untuk menghidupkan ponsel. 

baterai redmi 2 cepat habis
Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang baterai HP Xiaomi Redmi 2 yang cepat habis. ponsel ini memang banyak digandrungi orang termasuk saya sendiri, meskipun sekarang sudah ada ponsel yang lebih bagus dan harganya lebih murah namun pemilik Redmi 2 ini saya lihat masih cukup banyak. Mungkin karena ponsel ini yang mempunyai garansi TAM dengan harga yang sedikit terjangkau. 

Setelah hampir 2 tahun saya memakai ponsel ini, saya mengalami sedikit masalah yaitu dengan kekuatan baterai yang semakin menurun. Biasanya kapasitas baterai 20% saya tinggal tidur ponsel akan tetap nyala sampai pagi. Tapi sekarang ketika saya bangun pagi dengan kapasitas baterai sekitar 20% ponsel selalu mati. Apakah yang terjadi, banyak kecurigaan yang saya pikirkan. Mulai dari baterai rusak, banyak aplikasi yang berjalan memakan daya baterai atau karena salah update rom.

Langkah awal yang saya lakukan adalah dengan mengecek aplikasi yang terinstal, dan menghapus aplikasi yang saya rasa tidak berguna atau jarang saya pakai. Setelah melakukan penghapusan aplikasi ternyata masih tidak ada perubahan, baterai masih cepat habis. 

Kemudian saya ambil langkah berikutnya yaitu dengan mengganti rom yang lebih rendah, karena kemarin sempat saya update ke MIUI 8 dan hasilnya cukup memuaskan, tapi kendalanya baterai cepat habis. Dengan niat untuk mengembalikan daya baterai seperti semula maka Redmi 2 nya saya flash dengan rom yang lebih rendah yaitu MIUI 7. Setelah proses instal rom selesai saya merasakan banyak perubahan. Ponsel seperti pertama kali beli, karena ketika saya flash saya juga melakukan penghapusan semua aplikasi yang terinstal di ponsel.

Setelah melakukan flash ke MIUI 7 baterai saya yang tadinya cepat habis sekarang jadi awet lagi. Dari cerita ini dapat disimpulkan bahwa MIUI 8 cukup berat dan banyak memakan daya baterai, Meskipun ada teman-teman yang memakai MIUI 8 masih merasa ringan tapi sebagian besar mengeluh kekuatan baterai yang menurun,

Sekian dulu postingan saya kali ini, semoga bermanfaat dan sampai jumpa dengan postingan saya berikutnya. Bila ada masalah seputar ponsel android silahkan anda tanyakan pada kolom komentar. 

Comments

  1. Replies
    1. coba diflash dulu gan untuk memastikan tidak ada software yang boros baterai.

      Delete
  2. Nah sama gan , saya pengguna redmi 3x , tadinya batre awet pas upgrade knp jdi cepet abis .

    Di flash itu gmna ya mksdnya?
    Balikin ke MIUI 7 gimana ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. download miui 7 lalu di flash lewat recovery nay.

      Delete
  3. Saya kan beli batre xiomi ori baru
    Katanya 3-4 proses cas batre akan berjalan normal,tapi tidak ketika batre mencapai 38 persen langsung mati pas di cas dari 0 persen mohon penjelasan nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau dicas dalam keadaan mati pun apakah juga seperti itu gan, btw harga baterainya berapa ya

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Perbedaan Kerusakan Pada LCD Dan Touchscreen

Selamatpagi berjumpa kembali dengan Blog Tukang Utak-Atik. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang perbedaan kerusakan yang terdapat pada lcd dan touchscreen. Karena masih banyak teman-teman yang masih bingung jika layar retak itu yang rusak hanya touchscreen atau lcdnya. Supaya lebih jelas, mari kita bahas bersama-sama disini.

Sebenarnya untuk membedakan kerusakan lcd dan touchscreen cukup mudah. Karena kedua layar ini merupakan perangkat yang berbeda dan mempunyai fungsi yang berbeda pula. Kalau lcd berfungsi untuk menampilkan gambar atau tulisan di hp, sedangkan touchscreen berfungsi sebagai input touch seperti mouse kalau pada komputer. Jadi jika jatuh retak belum tentu keduanya mengalami kerusakan. Jika touchscreenya pecah, lcd kemungkinan masih baik. Tapi jika lcd pecah sudah dapat dipastikan bahwa touchscreen juga mengalami kerusakan.

Kalau kerusakan pada touchscreen yang retak, sebenarnya tidak harus ganti touchscreen. Karena banyak hp yang meskipun retak touchscr…

Laptop Yang Cocok Buat Kerja Dan Mahasiswa

Selamat pagi berjumpa kembali dengan blog tukang utak-atik. Pada kesempatan kali ini saya tidak akan membahas tentang gadget atau peralatan elektronik yang rusak. Berhubung banyak teman yang tanya tentang harga laptop yang cocok buat kerja, maka kali ini saya akan membahasnya disini.

Beli laptop itu harus sesuai dengan kebutuhan, buat apa beli laptop mahal-mahal tapi gunanya hanya untuk office dan browsing saja. Kan jadinya mubadzir, yang seharusnya bisa digunakan untuk keperluan lain uangnya. Tapi untuk teman-teman dengan ekonomi kelas menengah ke atas saya rasa tidak terlalu bermasalah untuk ini. 
Spesifikasi atau yang sering disingkat dengan spek adalah rincian dari hardware laptop beserta kapasitas di dalamnya. Laptop dengna spek tinggi biasanya digunakan untuk gamer, desain grafis dan animator. Karena membutuhkan kerja yang berat buat kegiatan tersebut. Jadi harga laptop untuk pekerjaan ini cukup mahal. 
Kalau untuk pemakaian sehari-hari dan buat kerja, laptop dengan spek rendah…

Berapa Lama Waktu Untuk Ngecas Laptop Baru?

Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mengecas laptop baru? Pertanyaan ini sering sekali saya terima ketika saya membelikan laptop teman atau tetangga. Nah, biar semua tidak bingung kali ini blog tukang utak-atik akan membahasnya disini. Jadi simak baik-baik dan baca dengan teliti postingan kali ini.

Sebenarnya tidak ada rekomendasi dari pabrik berapa lama waktu pengecasan. Di manual book pun cuma menjelaskan tegangan yang dibutuhkan dan waktu perkiraan baterai full. Tidak ada perintah untuk mengecas dengan waktu lama ketika baru beli. Jadi kalau menurut saya laptop harus dicas dengan durasi 5 jam itu mitos. 
Ada Mitos lain yang mengatakan bahwa laptop yang baru beli harus dihabiskan terlebih dahulu baterainya. Kemudian dicas selama 5 jam, Setelah itu laptop boleh dicas sampai penuh lalu hentikan proses pengecasan.

Yang paling terpenting dalam melakukan perawatan baterai laptop adalah lakukan pengisian atau pengecasan baterai saat presentase 5-15% dan jangan mencabut charger kalau …