Pertolongan Pertama Xiaomi Redmi Note 4 Kena Air ~ Tukang Utak Atik

Pertolongan Pertama Xiaomi Redmi Note 4 Kena Air

Selamat malam teman-teman pengunjung blog ini. Pada kesempatan kali ini saya akan membuat postingan yang membahas tentang redmi note 4 yang terkena air. Sebenarnya cara ini juga berlaku untuk hp lain jika terkena air. Penanganan pertama yang tepat akan membuat kerusakan yang terjadi tidak parah. 

Bongkar redmi note 4
Langsung saja, ceritanya kemarin redmi note 4 saya jatuh kedalam air ketika memancing di kali. Karena sibuk menggerakan umpan dan joran hp ini jatuh ke kali. Setelah itu langsung saya ambil hpnya untung tidak terlalu dalam dan masih bisa saya temukan kembali. Karena sebelumnya teman saya juga pernah mengalami hal seperti saya. Parahnya hp teman saya ini tidak ketemu karena sungai ini sangat dalam dan mengalir cukup deras. 

Setelah itu langsung saya bawa ke rumah untuk dibongkar, untuk meminimalisir kerusakan. Dengan membongkar akan mencegah kongslet yang terjadi pada hp. selain itu hp juga akan lebih cepat kering jika ada banyak air yang masuk ke dalamnya.

Lalu bagaimana dengan memasukan hp kedalam beras? kalau menurut saya hal ini sah-sah saja. Tapi bila air yang masuk kedalam hp cukup banyak, memasukan hp ke dalam beras bukan langkah yang tepat. 

Membongkar dan menjemur supaya kering baruk kemudian memasukannya ke dalam beras saya rasa langkah ini yang paling tepat. Sambil menunggu hp benar-benar kering kita biarkan hp di dalam beras selama satu hari. supaya sisa-sisa air bisa terserap oleh beras. 

Mungkin cukup ini yang bisa saya sampaikan pada kesempatan kali ini. Mudah-mudahan bermanfaat bila ada pertanyaan seputar gadget silahkan ditanyakan pada kolom komentar atau bisa lewat email. Terimakasih atas kunjunganya dan sampai jumpa dengan postingan saya berikutnya. 

15 comments:

  1. Hp saya xiaomi redmi 4 masuk ke dalam air wktu di kolam renang.. habis kena air awalnya masih bisa di pake sebentar kemudian setelah di pake layar nya jdi ga bisa di sentuh.. setelah di rumah hp di bongkar tetapi yg jadi masalah xiaomi redmi 4 batrenya tendem jdi bagaimana cara memperbaikinya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba dikeringkan dulu gan, untuk baterai tanam atau tidak saya rasa sama saja. Tinggal bongkar lalu copot kabel baterainya diamkan 2-3 jam lalu pasang lagi

      Delete
  2. Gan hp xiomi redmi 3s saya barusan kena air udah saya kipas angin biar kering, trus saya nyalain tiba2 logo mi nya gak ada, trus mendadak panas , solusinya gmna itu gan??

    ReplyDelete
    Replies
    1. dijemur dulu yu. mungkin masih ada air yang tersisa. di truh dalam beras dulu lalu dicoba nyalakan nanti sore

      Delete
  3. maaf ,
    hp xiaomi redmi note 4 saya jatuh ke kolam renang
    jam 4sorean mati total tapi mesin hangat .
    sempat saya coba keringkan dengan cara saya tiup supaya keluar airnya
    lalu jam 8malam saya coba masukan kedalam beras selama 2 hari
    setela itu saya coba cas enggak ada reaksi sama sekali
    saya coba bawa ke konter di bongkar katanya mesinnya masih ada bekas air sedikit
    sudah di bersihkan
    tapi masih ga bisa nyala kenapa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau kemungkinan terparah itu rusak mesinya do, karena pas posisi dinyalakan kemarin masih ada airnya sehingga membuat kongslet komponen didalamnya. kenapa pas posisi ditaruh di beras gak dibongkar sekalian do.

      Delete
  4. gan hp xiaomi redmi 4x saya kecebur terus saya bawa ke konter... hape saya restart terus waktu dimatikan.. kata orang service kena pada jalur powernya.. apa masih bisa diperbaiki?

    ReplyDelete
  5. Hal yg sama saya jg alami...REDMI N4X,setelah seharian baru saya bongkar ditukang servis lalu dikeringkan...ternyata masih hidup,tapi harus ganti battery sama speaker

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau sudah ada yang kongslet memang harus ganti gan. hp yang habis berenang di air itu emang ngeri kalau sudah rusak.

      Delete
  6. Hp saya jatuh ke air,tp masih nyala,tp layarnya nggak kena.giman gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. lama atau gak gan, biar lebih aman jangan dinyalakan terlebih dahulu

      Delete
  7. Speaker hp xiaomi Redmi note 4 sya kena air dan speaker nya jdi ndk jelaskan surangan. Tolong bantu mengatasinya ??????

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba dibongkar lalu berihkan dulu speakernya. Klau masih sama saja berati harus ganti speakernya gan.

      Delete
  8. Gann , hp Xiaomi note4x punya ane kena air
    Tapi gejalanya begini : suka bolak balik restart sendiri
    Trs bisa masuk menuju dan dimainkan hp nya , tp kenapa yah Gann Tombol vol up bisa , tpi vol down GK berfungsi .
    Tombol Power on bisa buat hidupkan hp , tpi kalo ane mau matiin hp GK bisaaa gan tombol power nya.

    Itu kenapa yhhh
    #makanya ane GK pernah restart hp, kalo di restart nanti bolak balik restart KNPA yhhhh ???

    ReplyDelete
    Replies
    1. sudah dibongkkar semua belum hpnya gan? kemungkinan banyak air yang masuk ke dalam hp jadi membuat komponen didalamnya konglslet.

      Delete