Layar Sentuh Xiaomi Redmi 4a Tidak Berfungsi? Jangan Buru-Buru Ganti! ~ Tukang Utak Atik

Layar Sentuh Xiaomi Redmi 4a Tidak Berfungsi? Jangan Buru-Buru Ganti!

Selamat pagi pembaca blog tukang utak-atik. Pada kesempatan kali ini saya akan kembali share tentang cara memperbaiki touchscreen atau layar sentuh xiaomi redmi 4a yang tidak berfungsi. Layar sentuh yang tidak berfungsi sama sekali seperti ini sebelumnya juga pernah saya temui pada xiaomi redmi note 3. Sempat saya duga bahwa harus ganti layar sentuh ternyata dengan sentuhan sedikit touchscreen bisa normal kembali.


Pada kasus Xiaomi redmi note 3 kemarin saya malah sudah sempat beli layar sentuh satu paket dengan LCD. Setelah saya bongkar kemudian saya lepas kabel fleksibel baterai, lcd dan touchscreen dan saya diamkan selama 5 menit. Lalu saya pasang kembali, dan saya coba layar sentuh bisa berfungsi dengan normal kembali. 

Sama seperti pada xiaomi redmi 4a ini, kebetulan ini punya tetangga saya yang menurut ceritanya hp ini habis nymplung di air. Lalu tiba-tiba layar sentuhnya tidak berfugsi sama sekali. Sudah di taruh di depan kipas semalaman tapi tetap tidak bisa normal.

Karena kasus ini hampir sama kemudian langsung saya bongkar xiaomi redmi 4a ini. Untuk membukanya cukup mudah sekali karena kasing belakang terbuat dari plastik tinggal kita congkel pada sisi bagian bawah terlebih dahulu, lalu kita akan bisa melihat isi komponen di dalamnya. 

Untuk melepas kabel fleksbel ini teman-teman harus merusak segel pada bagian atas. karena pada baut penutup mainboard ada stiker yang berlogo mi. Jadi kalau masih ragu-ragu dengan masa garansi yang hilang lebih baik bawa saja ke servis center. 

Setelah penutup mainboard ini terbuka, kemudian saya lepas kabel fleksibel yang nancep di mainboard. lalu saya pastikan tidak ada air yang tersisa disana. Setelah saya diamkan selama 10 menitan, kemudian kabel fleksibel saya pasang kembali.

Setelah saya nyalakan, dalam kondisi casing masih terbuka layar sentuh yang tadinya tidak bisa berfungsi sama sekali sekarang sudah normal kembali. Ternyata tidak perlu mengganti dengan layar sentuh baru yang harus kita beli satu paket dengan lcd.

0 komentar:

Post a Comment