Skip to main content

Layar Sentuh Xiaomi Redmi 4a Tidak Berfungsi? Jangan Buru-Buru Ganti!

Selamat pagi pembaca blog tukang utak-atik. Pada kesempatan kali ini saya akan kembali share tentang cara memperbaiki touchscreen atau layar sentuh xiaomi redmi 4a yang tidak berfungsi. Layar sentuh yang tidak berfungsi sama sekali seperti ini sebelumnya juga pernah saya temui pada xiaomi redmi note 3. Sempat saya duga bahwa harus ganti layar sentuh ternyata dengan sentuhan sedikit touchscreen bisa normal kembali.


Pada kasus Xiaomi redmi note 3 kemarin saya malah sudah sempat beli layar sentuh satu paket dengan LCD. Setelah saya bongkar kemudian saya lepas kabel fleksibel baterai, lcd dan touchscreen dan saya diamkan selama 5 menit. Lalu saya pasang kembali, dan saya coba layar sentuh bisa berfungsi dengan normal kembali. 

Sama seperti pada xiaomi redmi 4a ini, kebetulan ini punya tetangga saya yang menurut ceritanya hp ini habis nymplung di air. Lalu tiba-tiba layar sentuhnya tidak berfugsi sama sekali. Sudah di taruh di depan kipas semalaman tapi tetap tidak bisa normal.

Karena kasus ini hampir sama kemudian langsung saya bongkar xiaomi redmi 4a ini. Untuk membukanya cukup mudah sekali karena kasing belakang terbuat dari plastik tinggal kita congkel pada sisi bagian bawah terlebih dahulu, lalu kita akan bisa melihat isi komponen di dalamnya. 

Untuk melepas kabel fleksbel ini teman-teman harus merusak segel pada bagian atas. karena pada baut penutup mainboard ada stiker yang berlogo mi. Jadi kalau masih ragu-ragu dengan masa garansi yang hilang lebih baik bawa saja ke servis center. 

Setelah penutup mainboard ini terbuka, kemudian saya lepas kabel fleksibel yang nancep di mainboard. lalu saya pastikan tidak ada air yang tersisa disana. Setelah saya diamkan selama 10 menitan, kemudian kabel fleksibel saya pasang kembali.

Setelah saya nyalakan, dalam kondisi casing masih terbuka layar sentuh yang tadinya tidak bisa berfungsi sama sekali sekarang sudah normal kembali. Ternyata tidak perlu mengganti dengan layar sentuh baru yang harus kita beli satu paket dengan lcd.

Comments

  1. malem gan..ane punya xiaomi 4a,lcd nya bermasalah..bagian tengah sampai ke bawah(tombol menu/tombol kembali)tidak berfungsi..kira-kira lcd nya harus ganti ya..?mohon pencerahan nya..thk's gan sebelum nya
    salam
    asimgenset@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. touchscreenya bermaslah sim. coba bongkar dulu dan lepas kabel fleksibel touchscreen

      Delete
    2. Dipisah pake separator diganti touchscreen doang

      Delete
    3. nggak punya sparatornya om hehe

      Delete
  2. Gan knp hp ane udh ikutin cara diatas tetap tidak bisa

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau boleh tau penyebabnya touchscreen redmi 4a mu gak berfungsi layar sentuhnya kenapa gan. kalau jatuh agak tinggi sepertinya susah deh harus ganti satu paket dengan lcd

      Delete
  3. Gan, hp saya xiaomi redmi 4a terkadang sentuhnya mati total. Tetapi kalau layarnya saya usap-usap menggunakan tangan sebanyak 3-5x layarnya bisa disentuh lagi. Kira kira apa solusinya? Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kok aneh ya? coba lakukan seperti langkah diatas dulu mas, mungkin dari kabel fleksibelnya yang bermasalah.

      Delete
    2. Iya Bener, xiaomi 4a saya juga gitu, hanya beberapa detik setelah buka lockscreen, langsung gak bisa disentuh sama sekali, jadi susah kalo ngetik.
      kira-kira apa tuh Gan ?

      Delete
    3. Sama saya juga mas, cuma kebagian 5 detik... Langsung macet... Kalo dah normal, jangan coba-coba tekan power, bisa ngulah lagi... Bagi solusi dunk ...

      Delete
    4. SaMa saya juga gan, udah dapat solusi belum gan ? Bagi infonya...
      Saya buka activity launcher, baru lancar buat ngetik...

      Delete
  4. Klo dh retak jg, apa ganti sepaket sekalian aja y gan? Kira2 tc+lcd brp y gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya to, kalau untuk xiaomi redmi 4a harus satu paket dengan lcd semua.

      Delete
  5. Gan udh saya lakukan cara di atas tpi tetap gk respon tlg pencerahanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. berati memang touchscreenya mnta ganti itu ran

      Delete
  6. Gan punya ane lcd nya masih normal tapi touchscreen nya yang bawa g bisa klo tengah atas normal apa harus di ganti 1set sma lcd ap touchscreen nya aj.

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba diterapi dengan pemantik korek api dulu yan

      Delete
    2. gimana itu terapi pemantik korek api gan ??

      Delete
    3. langsung distrum dengan pemantik korek api yang ada setrum itu gan

      Delete
    4. Saya juga sama seprti mas ini masalah nya gmn ya solusinya?

      Delete
  7. Mas hape saya kemasukan air, tapi tidak nyemplung, cuma kecipratan doang, layar nya ga bisa di sentuh total. saya wipe data tetap tidak bisa. setelah saya buka bagian belakangnya ternyata ada airnya, cuma saya belum buka baut nya takut salah buka. Apa masih bisa di benerin tanpa ganti LCD ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba lakukan langkah diatas van, lepas dan bersihkan kabel fleksibel touchscreenya kemungkinan bisa lagi kalau tidak berfungsi total sperti itu

      Delete
  8. Hp ane juga gitu gan,, udah antar ke konter gak bisa juga. Malah udah di gsnti 1 set gak bisa jiga. Udah di ikutin langkah2 dari agan jiga gak bisa. Please bantuan nya gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. awalnya kenap mas gan. coba dicek jalur yang ke konektor touchscreenya ri

      Delete
  9. Gan udah ngikutin cara agan,trus normal lagi tapi ko sering balik lagi ga bisa d sentuh kira kira kenapa yah

    ReplyDelete
    Replies
    1. kemungkinan kabel fleksibelnya nong, kalau pas bisa itu bisa bertahan berapa hari nong. emang nggak menentu kalau touchscreen. kemarin sudah pernah mengalami kasus seperti itu juga akhirnya ganti lcd dan touchscreen. Hehhe

      Delete
  10. Gan, knp ea hp xiomi 4a ngedadak gx bisa di apa2in sdgkn keadaan layarnya hidup

    ReplyDelete
    Replies
    1. awalnya habis jatuh atau gimana itu gan?

      Delete
  11. mas hp saya redmi 4a. abis dicharge, tiba2 hape ga bs di buat swipe ke kanan, dan ke kiri. tapi kalo di swipe ke bawah bisa. kenapa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. touchscreenya masalah din, coba dimatikan lalu dinyalakan kembali

      Delete
  12. Gan hpsaya xiomi 4a gak bisa disentuh karena kena hujan itu gmina cara memperbaiki nya gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba di buka kasingnya dan cabut kabel fleksibel touchscreen. kemarin kasus seperti ini bisa normal kembali tanpa ganti ts

      Delete
  13. hp saya sama xiaomi redmi 4a awalnya buka wa tiba" wa nya stuck trus tiba" ini layar gk bisa di sentuh sama sekali tombol kembali home dll gk bisa di sentuh semua. udah saya coba reboot, lepas fleksibel tetep nihil semua apa harus saya reset?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kemungkinan dari touchscreenya fiq, kalau saya bisanya cukup dengan membersihkan kabel fleksibel langsung bisa normal kembali

      Delete
  14. Gan Yang Saya Bagian atas saja tidak berfungsi Xiaomi 4a knpa ya selebihnya bisa

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau touchscreen tidak berfungsi sebagian seperti ini coba lakukan terapi dengan korek api.

      Delete
  15. Gan mau tanya hp redmi 4a saya sentuhnya kalo buat bukak bisa tpi selanjutnya gk bisa tpi kalao buat buka pola bisa kenapa ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu dari pengaturan devoloper habis diutak-atik biasanya gan, atau kalau enggak coba dikasih mouse usb dengan otg bia apa enggak

      Delete
  16. Bang mau tanya. Itu hp habis saya charger setelah full kok layar nya gak bisa disentuh.. Apa harus ganti TS ya???

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk redmi 4a itu memang masalah di touchscren sering sekali. kalau tiba2 tidak bisa disentuh sama sekali itu biasanya dari kabel fleksibel yg kendor jadi bongkar dan bersihkan kabel fleksibelnya

      Delete
  17. Punya saya juga ga bisa gan dari tombol home, back sama recent terus naik terus sampai sekarang kaga bisa disentul setengah layar, apa bisa ya pake cara diatas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau yang tidak berfungsi hanya sebagian coba lakukan perbaikan terapi korek api pada postingan berikut
      https://utakatik-dewe.blogspot.com/2017/06/cara-memperbaiki-touchscreen-dengan.html

      Delete
  18. Hp Xiaomi redmi 4a terkena air saat berenang gak bisa respond TPI bisa nyala , ngatasinnya gmna om

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba dibongkar dulu berihkan fleksibel touchscreenya, kalau masih sama saja berarti harus ganti tc dan lcd

      Delete
  19. Gan mau tanya hp xiomi redmi 4a ane ga bisa di sentuh touchscrennya.
    Tapi kalo di teken tombol kunci dan di buka lagi paling 3 kali sentuh bisa trus ga bisa lagi.
    Trus kalo lagi lancar layar WA kolom pertama ga bisa di sentuh tp kolom wa 2 dan seterusnya bisa.
    Ini kenapa ya

    ReplyDelete
  20. Hp saya ga bisa di sentuh,tp kalo di tekan kunci trus di buka lagi paling 3x sentuh bisanya abis itu ga bisa lagi ini kenapa ya gan?
    Dan kalo lagi lancar di kolom wa cat yg pertama ga bisa di buka tp yg ke2 dan seterusnya bisa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau kadang bisa kadang enggak seperti ini coba bersihkan dulu atau kenangkan konektor kabel fleksibel touchsreen, kalau masih sama saja berarti memang harus ganti ts

      Delete
  21. Gan ane mau tanya, kenapa hp ane setiap di taro kantong tiba2 tc mendadak mati engga disentuh. Engga cuma itu kadang habis dipakai ditaro tiba2 tc engga bisa disentuh. Tapi giliran saya fastbooth bisa lagi jadi normal. Tapi kalo taro kantong lagi tc error gabisa disentuh. Itu kenapa ya? Solusinya gan. Terima kasih

    ReplyDelete
  22. Gan mau tanya setiap hp ane ditaro dikantong pasti tv ane error gabisa disentuh, dan kadang engga di apa2in error engga bisa disentuh. Tapi pas ane fastbooth normal lagi bisa disentuh, terus taro kantong lagi yg lama error lagi gtu2 terus gan. Jadi setiap kemana2 engga taro kantong ditas gtu. Itu kenapa ya? Solusinya gan. Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. ungkin ada masaalah pada sensor proximitynya.

      Delete
  23. Siang gan punya ane.tombol huruf (p) gak bisa di pecet kenapa ya

    ReplyDelete
  24. Bang layar xiaomi 4x saya kenapa pas panas sikit pas hpnya dihidupkan layarnya burn in parah bang sampek kagak jelas tapi bisa disentuh pas hpnya direstart normal lagi bg tapi pas panas dikit aja ngulah bang kalo hpnya dimatiin sejenak abesitu diidupkan,pendapat saya kayak seperti arus kelcdnya itu kurang bang tapi itu apanya yg bermasalah bang

    ReplyDelete
  25. Kak kalau tab Advan s7a mati total di colokin ke pc g kedeteksi gimana ya atau di diemin?
    Gara gara aku tekan tombol off terlalu lama
    Tolong solusinya!

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba di jemper terlebih dahulu baterainya. dulu sering mengalami kasus tab advan yang gak bisa dicas maslah dari baterai.

      Delete
  26. Ka kalo hpku xiaomi 4a awalnya jatoh terus retak, pas abis di cas mau di buka polanya mendadak gabisa di sentuh. Bagian tengah sma agak bawahan juga gabisa di sentuh. Kalo gtu si harus ganti 1paket sma LCD apa gmna ya?

    ReplyDelete
  27. gan mau tanya, hp saya xiaomi 4A sama kasusnya, kecemplung air trus touchscreen nya gk bisa padahal nyala.
    pas dicoba langkas2 diatas tembaga di kabel flexinya ada yg ngelupas, itu bisa diganti kabel flexinya aja gk ya gan.. thanks

    ReplyDelete
  28. Kak mau tanya. Hp saya xiaomi 4a juga.awalnya gabisa disentuh jadi saya ganti lcd sama touchscreen nya gara²ketindihan ps tidur nah pas udah diganti dia malah tiap hari pasti ada aja waktunya dia gabisa disentuh trus harus direstart sama fasboot dulu baru bisa kak padahal kn udah diganti lcd sama touchscreen nya udah gitu ngerestartnya tuh lama ka. Sekitar 1-2 jam an. Itu gimana ya kak?

    ReplyDelete
  29. gan harga service touchscreen kira kira berapa? hp saya pas lg main game tiba tiba touchscreen nya gak bisa

    ReplyDelete
  30. Ka hp aku gbisa disentuh redmi 4 a gmna ya caranya?

    ReplyDelete
  31. Bang kenapa ya led nya myala mulu yang merah di atas sape ge toch nya susah di sentuh grjala batre bocor apa gi mana ya

    ReplyDelete
  32. Numpang nanya gan. Apa kendala hp xiaomi 4a nggak berfungsi atau disentuh Di waktu hp nya hidup

    ReplyDelete
  33. Hp xiomi 4a saya layar bawah nya ga fungsi karena ketiduran gan. Kalo bagian atas mah bisa itu jga kadang kadang

    ReplyDelete
  34. Gan hp gw kadang kadang kgk bisa di sentuh true gw matiin trus nyalaain lagi tapi delay nya cuman ±3 detik Sebelum gk bisa di sentuh, trus kalau gw matikan daya tuh hp delay nya lama sampai gk bibisa di sentuh lagi... Gw udah lakuin factory reset tapi msh gtu..
    Solusinya gimana nih gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah Sama Hp xiomi gw juga sama gitu kadang bisa sekali ga bisa sampe buat emosi

      Delete
  35. Maaf gan ko hp xiomi 4a saya sentuh nya kadang bisa kadang engga.... Tapi kl di kunci trus di nyalain lagi bisa cuman beberapa detik.... Apa harus ganti toch nya
    Pencerahannya gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba direset dulu kadang bisa dari software bermasalah

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

BAHAYA!! Jangan Menggunakan Lem ALTEKO Untuk LCD Dan Touchscreen

Selamat malam, berjumpa kembali dengan blog tukang Utak-Atik. Pada kesempatan kali ini saya tidak akan membahas kerusakan dari gadget. Namun ini sangat penting sekali diketahui teman-teman teknisi atau calon teknisi, karena ini merupakan pengetahuan dasar jangan sampai nanti berakibat fatal. Lem yang digunakan lcd dan toucsreen ini dibuat khusus, jangan sampai kita sembarangan menggunkan lem untuk memasang lcd dan touchscreen. Seperti yang dilakukan tetangga saya kemarin. Niatnya untuk mengelem supaya touchscreen tidak membuka tapi yang dia gunakan adalah lem alteko. Hasilnya bukanya jadi rekat malah lem jadi merembet kemana-mana. Seperti pada gambar di bawah ini. Dari gambar di atas kita bisa menarik kesimpulan bahwa jika kita sembarangan menggunakan lem bisa berakibat sangat parah sekali. Untung hanya bagian atas saja yang terkena lem, coba kalau seluruh sisi touchscreen dilem dengan alteko bisa-bisa seluruh mesin terkena lem semua karena lem ini berbentuk cairan jadi jika ter

Cara Menghilangkan Bekas Lem LCD HP

Selamat pagi berjumpa kembali dengan blog tukang-utak atik, pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang lem lcd yang membandel. Kasus seperti ini pasti sering kita alami ketika mau mengganti lcd. Sisa-sisa lem tidak akan hilang semuanya. Pasti masih ada yang tersisa, kalau tidak hilang semua kita tidak akan bisa memasang lcd dengan mudah. Selain untuk memasang kita juga bisa menggunkanya ketika mau menghilangkan sisa lem yeng kebaykan saat memasang lcd. lem yang keluar di casing tentu akan membuat pemandangan jadi tidak nyman, oleh karena itu perlu kita bersihkan lem tersebut. Untuk membersihkan lem biasannya saya menggunakan minyak kayu putih, pertalite dan alkohol. Pokonya sedapatnya saja alhamdulilah dengan ketiga cairan ini lem yang membandel bisa hilang dengan cepat. dan hp kembali jadi mulus. Cara membersihkan lem ini cukup dengan membasahi kain dengan cairan kemudian usapkan pada bagian hp yang terkena lem. jangan menyiram karena bisa terkena ke komponen-kompone

Cara Memakai Cas Kodok Atau Cas Dekstop

Selamat malam para pengunjung blog ini, ini postingan ini saya buat dari keyword yang sering muncul pada blog saya. Kebanyakan memang belum tau cara bagaimana untuk menjumper batre dengan cas kodok, tidak perlu berlama-lama lagi langsun saya bahas di sini saja. Dimalam menjelang tidur ini saya mau mebuat postingan mengenai cara Pemakaian Cas kodok atau cas dekstop juga sering di sebut dengan nama cas universal. Alasan saya membuat postingan ini adalah karena banyaknya komentar di facebook yang menanyakan cara penggunaan cas kodok, Dari pada saya capek menjawab berkali-kali mending saya buat postingan ini biar Mbah Googel yang mnegarahkan kesini. Bagi yang belum tau wujud dari cas kodok berikut adalah penampakanya. Kenapa diberi nama cas kodok, mungkin karena bentuknya yang kecil sebesar kodok atau entah apa yang jelas setau saya cas kodok wujudnya seperti itu. Sekarangbagai mana cara memakainya karean ini tidak ada kabel yang ditancapkan ke hp atau tablet.  Untuk me

Cara Menggunakan Lem Untuk Memasang LCD dan Touchscreen

Selamat siang selamat berjumpa kembali dengan blog tukang utak-atik. Pada kesempatan kali ini saya akan sedikit certita tentang pengalaman saya ganti lcd hp. Untuk ganti lcd ini kita perlu memperhatikan pada saat kita memasang lcd yang baru maka lem yang merekat dengan casing harus benar-benar kuat. Jika tidak, pada saat dipakai nanti bisa terangkat keatas lcdnya. Jadi harus teman-teman perhatikan dengan baik proses pengeleman ini.  Biasanya saya menggunakan lem b 7000 yang saya beli di toko online yang khusus untuk mengelem lcd dan touchscreen. Jika teman-teman tidak punya lem tersebut, teman-teman bisa menggunakan lem castol yang mempunyai daya rekat yang cukup kuat tapi tidak merusak casing. Jangan sekali-kali menggunakan lem alteko, karena bisa rusak lcd teman terkana panas dari lem  atleco.  Nah setelah dilem, jangan langsung dibiarkan tekan terus menerus supaya lem benar-benar merekat dengan baik. Teman-teman bisa menggunakan cara melilit dengan karet seperti gambar

Cara Menghilangkan Dent Pada Hp Samsung Galaxy S7-S7 Edge

Selamat pagi, selamat berjumpa kembali dengan saya selaku admin blog tukang utak-atik ini. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang dent pada samsung galaxy S7. Sebenarnya ini juga berlakuku untuk jenis hp lain. Berhubung samsung galaxy S7 ini termasuk jajaran ponsel dengan harga mahal jadi kalau ada goresan atau cat yang mengelupas pada body ponsel akan sangat mengganggu pemandangan kita. Selain itu juga mempengaruhi harga jual kalau dengan kondisi ada dent sperti ini. langkah-langkah untuk menghilangkan dent adalah dengan membersihkan menggunakan compon atau dengan pasta gigi, dengan tujuan supaya goresan yang ada pada hp akan merata. Cara ini tidak akan berlaku bila dent atau goresan pada hp terlalu besar.  Jadi supaya kita terhindar dari dent atau goresan pada ponsel, selalu lindungi menggunakan silicon case atau hard case supaya tidak terkontak dengan casing hp secara langsung. Atau ketika jatuh yang tergores adalah pelindung hp terlebih dahulu.  Saya r

Biaya Servis Ganti Layar Sentuh Samsung Galaxy J2

Selamat berjumpa kembali dengan blog utak-atik saya ini. Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan sebuah pengalaman teman saya yang dialami dengan ponsel kesayanganya yaitu Samsung Galaxy J2. Ponsel tersebut mengalami masalah ketika jatuh dari lantai 2 sehingga layar sentuh atau touchscreenya pecah. Jika sudah pecah seperti ini tidak ada solusi lain selain mengganti dengan yang baru. Untuk itu sekarang akan saya ceritakan berapa harga layar sentuh dan berapa biaya servisnya. Meskipun masih memiliki garansi, jika ponsel kita rusak karena kelalaian pengguna dalam kasus ini ponsel terjatuh maka kita tidak bisa mengklaim garansi. Kalau kita taruh ponsel tersebut di servis center yang pasti akan ditarik biaya yang sangat mahal. Jadi Menaruh ponsel tersebut ke servis center bukan solusi terbaik. Bagi teman-teman yang lain mungkin ada yang tidak srek bila servis ditempat lain, dengan alasan bila di servis center sparepart yang dijual dijamin original.  Kemarin teman saya sem

Cara Mengatasi Konektor/Port Colokan Hardisk Eksternal Rusak

Hardisk eksternal merupakan evolusi dari disket yang bisa dibawa kemana-mana tetapi dengan kapasitas yang sangat besar. Fungsi utamanya tetap sama yaitu untuk menyimpan data yang portabel dan bisa dibawa kemanapun dan siap setiap saat. Jika dibandingkan dengan disket kapasitas hardisk ini tidak ada apa-apanya. Diksket hanya mapu menampung ukuran sekitar 15Mb, sedangakan hardisk bisa ribuan giga.  Dibalik banyaknya keunggulan yang dimiliki oleh hardisk eksternal, ada pula kekurangan yang dimiliki diantaranya adalah rawan rusak ketika kita tidak pandai merawatnya. Salah satu contoh adalah ketika hardisk ini terjatuh karena tidak diberi pelindung atau karena colokan poert hardisk ekternal ini patah maupun rusak. Apakah masih bisa diperbaiki jika colokan hardisk ini rusak? Jawabanya adalah tergantung dari konektor yang digunakan. Ada beberapa merk hardisk yang colokan kabelnya gabung dengan hardisk. Untuk kasus seperti ini cara mengatasinya agak susah karena kita harus mengurut