Tempat sharing pengalaman tentang gadget

Layar Sentuh Xiaomi Redmi 4a Tidak Berfungsi? Jangan Buru-Buru Ganti!

Selamat pagi pembaca blog tukang utak-atik. Pada kesempatan kali ini saya akan kembali share tentang cara memperbaiki touchscreen atau layar sentuh xiaomi redmi 4a yang tidak berfungsi. Layar sentuh yang tidak berfungsi sama sekali seperti ini sebelumnya juga pernah saya temui pada xiaomi redmi note 3. Sempat saya duga bahwa harus ganti layar sentuh ternyata dengan sentuhan sedikit touchscreen bisa normal kembali.


Pada kasus Xiaomi redmi note 3 kemarin saya malah sudah sempat beli layar sentuh satu paket dengan LCD. Setelah saya bongkar kemudian saya lepas kabel fleksibel baterai, lcd dan touchscreen dan saya diamkan selama 5 menit. Lalu saya pasang kembali, dan saya coba layar sentuh bisa berfungsi dengan normal kembali. 

Sama seperti pada xiaomi redmi 4a ini, kebetulan ini punya tetangga saya yang menurut ceritanya hp ini habis nymplung di air. Lalu tiba-tiba layar sentuhnya tidak berfugsi sama sekali. Sudah di taruh di depan kipas semalaman tapi tetap tidak bisa normal.

Karena kasus ini hampir sama kemudian langsung saya bongkar xiaomi redmi 4a ini. Untuk membukanya cukup mudah sekali karena kasing belakang terbuat dari plastik tinggal kita congkel pada sisi bagian bawah terlebih dahulu, lalu kita akan bisa melihat isi komponen di dalamnya. 

Untuk melepas kabel fleksbel ini teman-teman harus merusak segel pada bagian atas. karena pada baut penutup mainboard ada stiker yang berlogo mi. Jadi kalau masih ragu-ragu dengan masa garansi yang hilang lebih baik bawa saja ke servis center. 

Setelah penutup mainboard ini terbuka, kemudian saya lepas kabel fleksibel yang nancep di mainboard. lalu saya pastikan tidak ada air yang tersisa disana. Setelah saya diamkan selama 10 menitan, kemudian kabel fleksibel saya pasang kembali.

Setelah saya nyalakan, dalam kondisi casing masih terbuka layar sentuh yang tadinya tidak bisa berfungsi sama sekali sekarang sudah normal kembali. Ternyata tidak perlu mengganti dengan layar sentuh baru yang harus kita beli satu paket dengan lcd.
Tag : servis hp
24 Komentar untuk "Layar Sentuh Xiaomi Redmi 4a Tidak Berfungsi? Jangan Buru-Buru Ganti!"

malem gan..ane punya xiaomi 4a,lcd nya bermasalah..bagian tengah sampai ke bawah(tombol menu/tombol kembali)tidak berfungsi..kira-kira lcd nya harus ganti ya..?mohon pencerahan nya..thk's gan sebelum nya
salam
asimgenset@gmail.com

touchscreenya bermaslah sim. coba bongkar dulu dan lepas kabel fleksibel touchscreen

Gan knp hp ane udh ikutin cara diatas tetap tidak bisa

kalau boleh tau penyebabnya touchscreen redmi 4a mu gak berfungsi layar sentuhnya kenapa gan. kalau jatuh agak tinggi sepertinya susah deh harus ganti satu paket dengan lcd

Gan, hp saya xiaomi redmi 4a terkadang sentuhnya mati total. Tetapi kalau layarnya saya usap-usap menggunakan tangan sebanyak 3-5x layarnya bisa disentuh lagi. Kira kira apa solusinya? Terima kasih.

kok aneh ya? coba lakukan seperti langkah diatas dulu mas, mungkin dari kabel fleksibelnya yang bermasalah.

Dipisah pake separator diganti touchscreen doang

nggak punya sparatornya om hehe

Klo dh retak jg, apa ganti sepaket sekalian aja y gan? Kira2 tc+lcd brp y gan?

iya to, kalau untuk xiaomi redmi 4a harus satu paket dengan lcd semua.

Gan udh saya lakukan cara di atas tpi tetap gk respon tlg pencerahanya

berati memang touchscreenya mnta ganti itu ran

Gan punya ane lcd nya masih normal tapi touchscreen nya yang bawa g bisa klo tengah atas normal apa harus di ganti 1set sma lcd ap touchscreen nya aj.

Mas hape saya kemasukan air, tapi tidak nyemplung, cuma kecipratan doang, layar nya ga bisa di sentuh total. saya wipe data tetap tidak bisa. setelah saya buka bagian belakangnya ternyata ada airnya, cuma saya belum buka baut nya takut salah buka. Apa masih bisa di benerin tanpa ganti LCD ya?

coba diterapi dengan pemantik korek api dulu yan

coba lakukan langkah diatas van, lepas dan bersihkan kabel fleksibel touchscreenya kemungkinan bisa lagi kalau tidak berfungsi total sperti itu

Hp ane juga gitu gan,, udah antar ke konter gak bisa juga. Malah udah di gsnti 1 set gak bisa jiga. Udah di ikutin langkah2 dari agan jiga gak bisa. Please bantuan nya gan

awalnya kenap mas gan. coba dicek jalur yang ke konektor touchscreenya ri

Gan udah ngikutin cara agan,trus normal lagi tapi ko sering balik lagi ga bisa d sentuh kira kira kenapa yah

kemungkinan kabel fleksibelnya nong, kalau pas bisa itu bisa bertahan berapa hari nong. emang nggak menentu kalau touchscreen. kemarin sudah pernah mengalami kasus seperti itu juga akhirnya ganti lcd dan touchscreen. Hehhe

Gan, knp ea hp xiomi 4a ngedadak gx bisa di apa2in sdgkn keadaan layarnya hidup

awalnya habis jatuh atau gimana itu gan?

mas hp saya redmi 4a. abis dicharge, tiba2 hape ga bs di buat swipe ke kanan, dan ke kiri. tapi kalo di swipe ke bawah bisa. kenapa ya?

touchscreenya masalah din, coba dimatikan lalu dinyalakan kembali

Back To Top