09 October 2016

Biaya Servis Ganti Layar Sentuh Samsung Galaxy J2

Selamat berjumpa kembali dengan blog utak-atik saya ini. Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan sebuah pengalaman teman saya yang dialami dengan ponsel kesayanganya yaitu Samsung Galaxy J2. Ponsel tersebut mengalami masalah ketika jatuh dari lantai 2 sehingga layar sentuh atau touchscreenya pecah. Jika sudah pecah seperti ini tidak ada solusi lain selain mengganti dengan yang baru. Untuk itu sekarang akan saya ceritakan berapa harga layar sentuh dan berapa biaya servisnya.


Meskipun masih memiliki garansi, jika ponsel kita rusak karena kelalaian pengguna dalam kasus ini ponsel terjatuh maka kita tidak bisa mengklaim garansi. Kalau kita taruh ponsel tersebut di servis center yang pasti akan ditarik biaya yang sangat mahal. Jadi Menaruh ponsel tersebut ke servis center bukan solusi terbaik. Bagi teman-teman yang lain mungkin ada yang tidak srek bila servis ditempat lain, dengan alasan bila di servis center sparepart yang dijual dijamin original. 

Kemarin teman saya sempat tanya di servis center Samsung untuk menanyakan berapa harga layar sentuh tersebut. Kemudian dia memperoleh jawaban bahwa harganya adalah 980rb. Harga tersebut lebih dari setengah harga ponsel baru. Mereka beralasan bahwa jika mengganti layar sentuh maka harus satu paket dengan LCD. Ini yang menjadikan harganya jadi mahal. Biasanya untuk ponsel kelas bawah yang sering saya ganti harga layar sentuh tidak sampai 200rb rata-rata di bawah 100rb.

Kemudian saya iseng cari harga layar sentuh Samsung J2 di Bukalapak ternyata memang layar sentuh ini dijual satu paket dengan LCD. Disana tertulis harga satu paket adalah 700rb. kemudaian saya scrool kebawah ternyata saya menemukan palapak yang menjual layar sentuhnya saja. Harganya sangat jauh berbeda dengan yang satu paket yaitu 90rb. 

Setelah saya ceritakan hal tersebut teman saya malah bingung mau ganti atau tidak, kebetulan ponsel tersbut masih bisa berfungsi dengan normal hanya saja retak yang ada di layar sentuh sedikit menggannggu pemandangan ketika ponsel digunakan. 

Sambil menunggu teman saya berfikir saya sempatkan untuk menulis tulisan ini, nanti bila ada kabar lebih lanjut akan saya update pada blog saya ini. Sekiaan dulu postingan saya kali ini semoga bermanfaat dan sampai jumpa dengan postingan saya yang lainya.

40 comments:

  1. Kasusnya sama kayak j2 saya

    ReplyDelete
    Replies
    1. solusinya gimana gan, diganti dengan tochscreen baru atau dibiarkan seperti itu saja

      Delete
  2. Belum ada yg bisa buat gnti touchscreennya saja... pasti 1 paket ama lcd.. pdhl di youtube ada yg bisa misahin lcd ma tc nya... tp dia orng bule c kyknya... misahinny pake kartu remi lagi.. haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya rif, masalahnya tidak ada yang jual touchscreenya saja. kalau beli adanya yang satu paket. untuk pemasangan memang bisa dipisah hanya touchscreenya saja karena keduanya memiliki kabel yang berbeda

      Delete
    2. di bukalapak banyak bos yg jual TS nya aja... yg jd msalah di daerah saya gak ada yg bisa misahin...

      Delete
  3. Klo ada yg bisa gnti tc ny saja.. sdh psti saya gnti... yg bkin pusing ktanya hrus sama lcd ny... kn syng lcd msih normal jg...

    ReplyDelete
  4. Ada yb bsa betulin layar sentuh j2 prime gak...hrga nya brapa

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk membetulkan layar sentuh kemungkinan tidak bisa yog. kalau ganti pasti sebagian besar dari kita (bengkel hp) bisa menggantinya. untuk harga layar sentuh sekitar 100rb. kalau yang dijual satu paket dengan lcd berati harganya akan semakin lebih mahal

      Delete
  5. Gampang ko cara misahin TC dr LCD nya ga sususah

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya gan, untuk memisahkan layar sentuh dan lcd saya menggunakan cara dengan memanaskan lem perekat antara lcd dan layar sentuh

      Delete
  6. maaf saya mau tanya, untuk ganti lcd dan layar hp samsung j2 prime berapa ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau ganti layar sentuh dan lcd samsung galaxy j2 prime harganya sekitar 900rb an gan

      Delete
  7. brarti ga bisa ini ya min kalo cuman ganti tc nya doang? Harus sepaket sm lcdnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya za, tapi cob tanyakan kounter dulu siapa tau punya kanibalan touchscreen yang gak kepakai.

      Delete
  8. bng ane touchscrenx seblah knan jà yg mati...itupun sedikit..kira2 btuh biaya brp gan???

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba di pancing dengan pemantik korek api yur. ada kok caranya di blog saya ini cari saja. kemarin habis benerin layar sentuh temen sudah berhasil tanpa ganti layar sentuh

      Delete
    2. Ente buka bengkel HP dmn gan???klo msh daerah jakarta ane mw cba kstu,,,,,

      Delete
    3. ane cba pke pemäntik koreķ gak bsa gan.....

      Delete
    4. kalau yang eror tidak bisa disentuh tidak banyak saya terapi dengan pemantik korek api biasanya berhasil. untuk samsung core 2 kemarin juga tidak berhasil karena terlalu banyak yang tidak bisa disentuh.

      Delete
  9. punya ane kan hbs jatuh kenceng,hp nya masih nyala tapi layarnya item gan,ada sedikit retak,kira2 solusinya gmn ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kemungkinan besar kalau layar hitam seperti itu rusak di lcdnya mam, coba dinyalakan dan di telpon klau masih bunyi atau getar berati masalah hanya pada layar lcd.

      Delete
    2. oh begitu ya,jadi problem pd LCD kalo masih bisa getar sm bunyi ..
      sip deh,terimaksih mas atas solusinya ..

      Delete
    3. oke mam, sama-sama terimakasih atas kunjunganya di blog tukang utak-atik ini

      Delete
  10. Ada yg punya lcd j2 nya boss yg msih normal... Buat kanibalan nih...

    ReplyDelete
  11. kalau hp sya memang di banting kencang dan layarnya retak saat di aktifkan layarnya itam semua tapi telpon masuk sms masuk kdengaran hnya sja tidak bisa di angkat krna layarnya juga retak parah.kalau kayak gitu solusinya gimana yah kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya harus ganti lcd sama touchscreenya sin. tidak ada cara lain selain itu

      Delete
    2. Punya aku samsung j2 semua masih berpungsi bagus tapi gak bisa d sentuh karna masuk air

      Delete
    3. itu yang bermasalah di layar sentuhnya dan harus diganti, dan masalahnya lagi kalau samsung galaxy j2 kalau ganti layar sentuh harus satu paket dengan lcd.

      Delete
  12. Biaya ganti lcd xiomi redmi 2 prime sama ganti konektor lcd karena penjepit kabel lcd nya patah kira kira berapa gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. diakalai dengan di lem pakai lakban bisa enggak gan? saya belum pernah melakukan penggantian penjepitnya

      Delete
  13. Kak, solonya dimana ya? Singosaren at daerah mana? Aku sbnernya bingung, hp.ku sering jatuh, tp kata temenku yg retak cm bagian screenguard.nya, org hp.ku masih berfungsi baik..

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku sragen pril. kalau screen guard berati cumatempered glass atau anti gores saja. kalau benar gantinya gampang itu

      Delete
  14. Biaya ganti touchsreen j2 prime brp ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau j2 prime kayaknya harus satu paket dengan lcd deh gan, harganya agak mehong..

      Delete
  15. kalau suaranya nyala tapi layar mati , apanya itu gan ?
    kalau di servis butuh biaya berapa kira2 ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah kalau ada suaranya kemungkinan besar yang rusak itu lcdnya mas wendi.

      Delete
  16. Punya ane kalo tengah dipencet ada noda ungu gan..terus suka eror minimize sendiri

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk noda ungunya seperti apa ya mah, kurang begitu paham dan jarang melihatt kasus seperti ini. kalau untuk yang sering minimize sepertinya tpuchscreen e bermasalah.

      Delete