28 October 2016

Cara Memperbaiki HP Smartfren Andromax A Mati Terkena Air

Lagi-lagi kasus yang saya hadapi adalah hp yang mati karena terkena air. Padahal beberapa hari ini saya baru saja posting sebuah artikel yang membahas Oppo F1S yang terkena air. Namun tidak sampai mati. Sekarang kasusnya hampir sama tapi sekarang terjadi pada hp kelas bawah. Yaitu hp Smartfren Andromax A yang terkena air hujan saat ditaruh di saku celana.

Tidak seperti pada kasus Oppo F1S kemarin cukup saya diamkan beberapa jam saja sambil saya beri panas hairdryer sudah bisa hidup kembali. Mungkin karena hp Andromax A sudah terlalu lama terkena airnya. jadi kemungkinan ada komponen yang kongslet. 


Yang pada akhirnya saya harus melakukan mutilasi terhadap hp ini untuk mengetahui apakah kerusakan yang terjadi. Setelah saya bongkar dan saya amati sekilas bahwa tidak ada tanda-tanda komponen terbakar. Saya coba bongkar komopen-komponen tersebut kemudaian saya keringkan kembali memakai hair drier selama kurang lebih 5 menit. Akan tetapi hasilnya masih sama saja, hp tersebut masih belum ada tanda-tanda menyala.

Karena sudah hampir putus asa saya iseng-iseng menjemur ponsel tersebut di bawah terik matahari selama satu hari. Dan pada sore harinya saya coba nyalakan, alhamdulilah hp tersebut bisa nyala kembali. 

Dalam suatu usaha yang disertai doa insyaallah akan dipermudah jalannya. Setelah sudah bisa nyala hp tersebut saya tutup kembali dan saya serahkan kepada teman saya. Dia berterimakasih karena tidak jadi beli hp baru.

Sekian dulu postingan saya kali ini yang membahas cara memperbaiki hp Andromax A mati karena terkena air. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa dengan postingan saya yang lainya. 

3 comments:

  1. Waw ini menarik untuk di coba, cuman saja saya baru membaca postingan ini.
    Kasus yg saya alami terjadi pada Andromax E2+ yg saya beli tgl 04/11/2016.
    Ciri gangguan/kerusakan hanya layar sentuh/LCDnya tak ada resfon/macet tgl 20/11/2016 (2 minggu semenjak beli/masih garansi).
    Setelah saya bawa ke Galre, semua dlm keadaan baik cuman LCD yg macet. Akhirnya sepakat untuk kirim ke SC sesuai garansi,dan di suruh tunggu 14 hari kerja.
    Anehnya SC Smartfren meminta biaya refarasi 1.165.000 karena garansi batal akibat terdapat bekas air didalam mesin HP. Saya tak tahu pasti itu terkena airnya di mana karena sewaktu diperiksa petugas Galri HP saya masih hidup hanya macet layar sentuhnya. Pihak SC mau mengganti mainboad, padahal baterai tidak ikut di kirim alias di copot dan saya bawa pulang.
    Apa mungkin itu sekedar alasan SC atau pernah terkena air hujan pada saat perjalanan pengiriman ke SC, saya juga tak tahu pasti. Hingga hari ini saya belum menerima kembali dari SC Smartfren.

    Pertanyaan:
    Jika HP saya nanti kembali saya terima dan masih bisa hidup seperti saat dikirim ke SC, apa yg bisa saya lakukan. Mohon penjelasan seperlunya. Terima kasih !

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau menurut saya diklarifikasi dulu kerusakan awalnya. pada saat penyerahaan hp kan ditulis kerusakannya. mmending saya suruh mengembalikan ke posisi seperti pertama kalai kita bawa ke sc. menurut saya biaya sebesar itu mending beli hp lagi

      Delete
  2. aduhhh sama bgt nihh hp w andromax A juga awal2 masih idup biasa aja padahal di layarnya keliatan ada air kek ngambang2 gtu eehh skrg ga idup sama sekali:((( kejadiannya baru tdi malem. Trs ku searching2 ttg ini boleh dicoba juga trik nya jemur di bawah matahari, tapi skrg lagi ujannn huhuhu

    ReplyDelete