14 September 2016

Samsung Galaxy Core 2 Tidak Bisa Baca MMC/Micro SD

Sudah lama sekali blog saya ini tidak saya update artikelnya, karena kesibukan saya pada dunia nyata. Pada kesmpatan kali ini saya akan share salah satu pengalaman dari teman saya yang mengalami masalah pada ponsel Samsung Galaxy core 2 yang dia miliki, dimana ponselnya itu tidak bisa baca mmc/micro sd. 


Sebelum saya bahas tentang kerusakan tersebut akan saya ulas sedikit tentang mmc atau micro sd. Benda kecil ini merupakan komponen ponsel yang wajib dimiliki setiap pengguna smartphone. Karena dengan adanya benda kecil ini kita bisa menyompan data, foto, lagu maupun video di dalamnya. Mengingat kapasitas memori yang ada pada Galaxy core 2 ini cukup terbatas yaitu hanya 4gb itupun juga sudah terpotong dengan sistem, sehingga kapasitas yang dapat kita pakai hanya sekitar 1,6Gb. Dengan perkembangan teknologi foto-memfoto belakangan ini kapasitas sebesar itu tidak akan mencukupi kebutuhan tersebut. Sehingga diperlukan tambahan memori untuk mengatasi hal tersebut, maka dipasanglah mmc atau micro sd.

Kembali ke pokok bahasan saya yaitu Samsung  Galaxy Core 2 yang tidak bisa baca/mendeteksi micro sd. Ponsel teman ini pada awalnya normal tidak ada kendala sama sekali, namun setelah hampir satu tahun pemakaian tiba-tiba micro sd tidak bisa terdeteksi. Hal tersebut membuat teman saya heran apakah gerangan yang menyababkan memori micro sd tidak terdeteksi.


Setelah mengalami kejadian tersebut akhirnya ponsel tersebut diberikan kepada saya untuk dichek, kemudian saya bongkar dan saya lepas micro sd nya saya pasang pada posel saya. Ternyata masih bisa terbaca dan berfungsi dengan baik. kemudian saya cek konektor tempat memasang micro sd yang ada pada hp ternyata ada soket yang bengkok. Mungkin karena pemasangan atau mencopot micro sd tidak berhati-hati sehingga membuat soket tersbut bengkok. Kemudian dengan menggunakan jarum saya berusah untuk meluruskan soket yang bengkok tadi, namun hasilnya masih nihil. Soket tetap tidak bisa lurus seperti semula.

Dengan demikian solusi terakhir adalh dengan menggati konektor micro sd yang ada pada hp, bisa di cari di toko online atau jika punya kanibalan ponsel galaxy core 2 yang mati bisa diambil konektornya untuk mengganti.

Selain kerusakan pada konektor, micro sd tidak terdeteksi bisa disebabkan karena kerusakan yang terjadi memori tersbut. sehingga sebelum memastikanya harus kita coba dipasang pada hp lain. Jika minta format guakan PC untuk memformatnya, jangan lupa untuk memilih sistem FAT32 karena jika NTFS akan tidak terbaca pada posnel android kita.

Sekian dulu postingan saya kali ini yang membahas Samsung Galaxy Core 2 tidak bisa baca mmc. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa dengan postingan saya berikutnya. Bila ada pertanyaan seputar masalah ponsel android bisa anda tulis pada kolom komentar dibawah ini.

2 comments:

  1. Gan..hp sne samsung note 2 kendalanya jg ssma yg d atas..tapi kalo memory dilepas ada tampilan memory card dilepas..itu kendalanua apa y gan??

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba memorinya di format lagi jri, mungkin kemarin formatnya NTFS.

      Delete