Cara Mengatasi Android Lemot Pada Sony Xperia Neo L ~ Tukang Utak Atik

Cara Mengatasi Android Lemot Pada Sony Xperia Neo L

Selamat berjumpa kembali dengan blog saya lagi. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas HP Sony Xperia seri lama yang lemot. Yaitu Xperia Neo L, dari spesifikasi kalau menurut saya sudah lumayan bagus, hanya saja dalam memori internal hanya terdapat 1G. Dipotong untuk pemakaian Sistem operasi android 4.0.1 atau Ice cream, jadi sisa yang dapat digunakan tinggal 300Mb. Memori sebesar itu kalau di pakai untuk meginstal aplikasi 3 mungkin sudah habis. 

Seperti yang saya singgung diatas HP ini lemot dikarenakan memori internal yang menjadi penuh, sehingga membuat kinerja menjadi lemot. Setelah saya cek di memori hanya tersisa 6-10Mb saja. Padahal idealnya harus kita sisakan 30-50Mb supaya kinerja hp menjadi maksimal. 

sony xperia neo l
Untuk mengatasi hal tersebut maka harus kita buang aplikasi yang tidak penting atau gambar dan video yang tersimpan di memori internal. Setelah saya cek di pengaturan aplikasi ternyata hanya ada 2 aplikasi yang terisntal di memori internal. Saya cari-cari file lain di memori internal juga tidak ketrmu. Akhirnya jalan terkhir yang saya pilih adalah dengan melakukan reset ulang ke pengaturan pabrik. Otomatis semua file yang tersimpan di memori internal akan hilang kembali ke awal seperti pertama keluar dari pabrik. 

Setelah proses reset selesai, sisa memori internal menjadi 300Mb lagi kemudian saya instal BBM dan ES Eksplorer. Dua aplikasi tersbut juga yang terinstal sebelum saya reset tadi. Dan alhamdulilah setelah saya instal tadi sisa memori masih 150Mb. Lebih dari cukup dari sisa yang disarankan yaitu sebesar 30Mb. 

Untuk melakukan reset anda bisa masuk ke pengaturan, kemudian pilih stel ulang ke setingan pabrik. Bisa juga dengan menggukan kode *#*#7378423#*#* pada dial phone nanti akan muncul menu reset juga. Selain itu juga bisa masuk ke menu recovery dengan menekan tombol power + volume(-) pada saat pertama kali dinyalakan. 

Jika penyebab lemot hp tersebut karena penuh pasti dengan dilakukan reset tadi masalah tersebut bisa diatasi, Namun bila masih belum bisa maka anda bisa melakukan dengan flashing tool pada komputer atau laptop.

Sekian dulu postingan kali ini, seemoga bermanfaat dan sampai jumpa dengan postingan saya yang lain. 

0 komentar:

Post a Comment