Cara Mengganti Layar Sentuh Atau Touch Screen HP Asus Zenfone C ~ Tukang Utak Atik

Cara Mengganti Layar Sentuh Atau Touch Screen HP Asus Zenfone C

Layar sentuh atau dalam bahasa Inggris disebut dengan touchscreen merupakan komponen utama pada smartphone jaman sekarang. Jika jaman dahulu inputan ke hp menggunakan tombol fisik(keypad) namun sekarang sudah jarang produsen hp menggunakan tombol fisik sebagai inputan. Sekarang tombol fisik yang digunakan hanya tombol power, volume dan ada beberapa merk hp yang menggunakan tombol home. Dengan adanya layar sentuh ini sangat berguna untuk para pengguna hp, karena layar hp akan menjadi lebih luas. Sehingga kita bisa lebih puas saat bermain game, nonton video atau aktivitas lainnya.



Asus Zenfone C menggunakan layar sentuh sebagai input. Selain layar sentuh hp ini juga di lengkapi dengan 2 tombol fisik yaitu tombol power dan tombol volume. Namun dari segala kelebihan dari layar sentuh ada satu hal yang perlu kita perhatikan, yaitu layar sentuh rawan rusak terutama saat terjatuh atau tertimpa beban yang cukup berat. Tidak seperti hp jadul yang jatuh dari tempat tinggi cenderung tidak gampang rusak karena layar lcdnya yang hanya kecil. Tapi kalau hp sekarang hampir semua bagian depan terbuat dari kaca yaitu lcd dan layar sentuh. Perlu diketahui layar sentuh dan lcd ini merupakan dua komponen berbeda. Selain sebagai input layar sentuh juga sebagai pelapis lcd dari benturan langsung dengan benda lain saat terjatuh.


Sekarang bagaimana jika layar sentuh kita sudah terlanjur rusak atau pecah, bisakah kita ganti? Jawabanya adalah bisa. Banyak toko yang menjual sperpart ini. Jika mau lebih murah bisa beli di online shop terkenal seperti bukalapak, tokopedia dan lain-lain. Kemudian bagaimana cara menggantinya? Untuk mengganti layar sentuh sendiri diperlukan keberanian dalam membongkar hp, setelah dibongkar tinggal lepas kabel yang menghubungkan layar sentuh dengan mainboard, ingat jangan sampai salah dengan kabel lcd. Biasanya kabel layar sentuh lebih kecil. Setelah kita lepas tinggal kita ganti dengan yang baru, setalah itu tinggal kita pasang kembali. Beres hp asus zenfone c yang rusak sudah kembali normal kembali.




Sekian dulu postingan mengenai Asus Zenfone C yang layar sentuhnya rusak. Mudah-mudahan sedikit informasi ini bermanfaat buat anda. Terus kunjungi blog ini untuk mengetahui masalah-masalah mengenai kerusakan pada perangkat gadget. Bila ada yang kurang paham silhkan tanyakan pada kolom komentar dibawah ini.

7 comments:

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  2. Ga perlu pake solder kah ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. enggak perlu feb, soalnya kalau lcd atau layar sentuh kabelnya ada banyak kalau di solder kan susah nanti yang nyolder. cukup tancapakan kabel ke konektor yang sudah disediakan

      Delete
  3. mau tanya,kalau asus tj 007 itu zenfone apa ya?layar sentuhnya menyatu dg lcd ga ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau untuk seri tj007 itu adalah asus zenfone 5 pril. untuk layar sentuh, sebenarnya semua hp itu terpisah hanya saja ada yang memesangngya terlalu rengkat dengan lcd sehingga kalau mau ganti layar sentuh harus satu paket dengan lcd. Untuk zenfone 5 ini ada saya cek di bukalapak ada yang jual layar sentuh saja dan ada juga yang jual satu paket dengan lcd. untuk lebih amanya mending ganti satu paket saja.

      Delete
  4. Kalo asus zenfone c apakah touchsceennya menyatu sma lcdnya kalo bawaan pabrik

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk asus zenfone c bisa ganti touchscreenya saja ron, banyak yang jual kok touchscreenya.

      Delete