10 April 2016

Cara Memperbaiki Engsel Laptop Asus Yang Patah

Selamat berjumpa kembali dengan blog saya, kali ini saya akan membuat postingan tentang engsel laptop yang patah. Engsel ini merupakan salah satu komponen yang rawan patah karena hanya ditopang dengan dudukan plastik, jadi ketika kita membuka atau menutup laptop kita harus hati-hati. Jangan terlalu kencang atau kersa agar dudukan engsel asus eepc 1215b ini tidak patah.

Pada kasus lain sering saya dapati engsel laptop yang patah bagian gagang atau besi penggerak engselnya. Tapi dalam kasus ini saya hanya akan membahas bagaimana cara untuk memperbaiki engsel laptop asus ini supaya bisa normal lagi. Enggak enak kan jika posisi layar lapto tidak bisa buka tutup dengan normal. Apalagi ketika posisi layar tidak bisa tegak lurus dengan laptop, jadi kita harus duduk terus untuk menggunakan laptop tidak bisa sambil tiduran.


Alat-alat yang perlu disiapkan adalah obeng kecil dan lem plastik steal yang cukup kuat untuk mengelem dudukan baut engsel laptop asus ini. Setelah alat-alat sudah siap sekarang saatnya untuk membongkar laptop lepas semua baut bagian bawah laptop. Kemudian lepas cangkan keyboard bagian atas laptop dengan hati-hati. Congkel saja pelan-pelan bagian pinggir sampai bisa terbuka semuanya. Setelah cangkang bagian atas laptop terlepas kita bisa melihat dudukan baut pada engsel yang terbuat dari pastik itu pecah. Jadi kita harus membuat dudukan tersebut bisa nempel lagi ke bagian baeah laptop. Bagi kasusnya yang sudah parah seperti saya ini baut dan dudukan itu menempel jadi satu dengan engsel. Jadi harus kita lepas dulu dudukan baut baru kita lem dengan plastik steal. Campur lem yang berwarna hitam dan putih sampai tercampur dengan baik baru kita lem ke bagian dudukan engsel.


Tunggu sampai kering dulu lemnya jangan langsung dipasang baut bisa-bisa langsung lepas lagi nanti. Tunggu sekitar 15-25menit dulu baru kita pasang engsel laptop kembali. Setelah engsel benar-benar kuat tinggal kita tutup lagi bagian atas laptop jangan lupa untuk menancapkan kembali kabel keyboard dan touchpadnya. Setelah itu tinggal kita pasang kembali baut yang kita lepas tadi. Sekarang engsel laptop sudah bisa tegap lagi. Setelah ini saya sarankan untuk tetap berhati-hati dengan laptop yang di servis tadi jangan terlalu kencang dalam membuka atau menutup laptop.

Sudah cukup sekian dulu postingan kali ini, semoga bermanfaat. Bila ada yang belum jelas silahkan tanyakan pada form komentar dibawah ini. Oke, sampai jumpa pada postingan saya yang lain.

1 comment:

  1. Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kumpulbagi.com untuk info selengkapnya.

    Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    ReplyDelete