15 April 2016

Antivirus Yang Bisa Menghapus Virus Shortcut dan File Tersembunyi

Kali ini blog saya akan membahas salah satu masalah yang sering kita alami ketika menggunkan flashdisk atau laptop kita untuk bekerja. Masalah yang sering kita alami adalah flashdisk kita terkena virus. Virus merupakan program jahat yang merusak sebuah sistem sehingga program menjadi lambat bahkan menjadi tidak bisa digunakan sama sekali. Virus memiliki jenis yang bermacam-macam ada yang sifatnya cuma menyembunyikan data, menduplikat data dan ada juga yang menghapus data dan mengganti dengan virus. Dari ketiga jenis tersebut virus yang paling berbahaya adalah yang terakhir, dimana file kita hampir 80% tidak bisa diselamatkan lagi. Jika komputer kita terkena visrus semacam ini biasanya ada sebuah note yang menyuruh kita untuk mentranfer sejumlah uang supaya data kita bisa kembali. Kemudian untuk virus yang menduplikat dan menghiden file itu virus tergolong ringan banyak antivirus yang bisa membasminya. Selain tiga virus tersebut saya pernah baca sebuah artikel yang mengatakan bahwa ada virus yang bisa merusak hardware komputer kita, namun untuk sampai saat ini saya belum pernah menemui visrus tersebut.

Beberapa penyebab kenapa komputer kita kena virus adalah  kita menginstal program sembarangan, biasanya virus-virus tersebut tersmbunyi pada program yang kita instal. Kemudian kita mentancapkan flashdisk sembarangan, sebaiknya ketika kemputer kita sering menerima flashdisk untuk memasukan data komputer kita harus kita pasang antivirus yang paling update. Supaya jika ada virus baru akan segera teridentifikasi dan tidak menular ke kita.

Lalu bagaiman cara untuk mengatasi jika komputer kita sudah terkena virus? untuk mengatasi haltersebut kita bisa gunakan antivirus local maupun luar negeri baik yang berbaya atau yang gratis. Jika langkah tersebut belum berhasil langkash yang paling pamungkas adalah dengan melakukan instal ulang sistem operasi kita di komputer. Dengan demikian komputer kita akan menjadi fresh bersih dari virus. 

Sesuai judul yang saya buat antivirus yang saya gunakan untuk mengatasi shortcut dan file tersembunyi saya menggunakan antivirus buatan Indonesia yaitu Smadav. Sampai dengan postingan ini saya tulis versi Smadav sudah sampai dengan 10.6. Alasan saya menggunakan antivirus ini adalah sangat mudah digunakan dan tentu saja ringan tidak membuat lambat kinerja komputer kita. Berikut adalah tampilan dari Smadav 10.6.


Sekian dulu postingan kali ini, semoga bermanfaat dan sampai jumpa pada postingan saya yang lain. Tak lupa saya mengucapkan terimakasih karna sudah mau membaca artikel saya yang jauh dari sempurna ini.

0 komentar:

Post a Comment