Transfer File Dengan Menu FTP Yang Ada Pada MIUI 7 Xiaomi Redmi 2 ~ Tukang Utak Atik

Transfer File Dengan Menu FTP Yang Ada Pada MIUI 7 Xiaomi Redmi 2

Selamat berjumpa kembali gais dengan blog saya ini, pada kesempatan kali ini saya akan sharing mengenai salah satu fitur yang terdapat pada hp xiaomi redmi 2 milik saya. Alasan saya sharing ini adalah fitur ini jarang sekali dimiliki smartphone merk lain. Meskipun kita bisa menambah aplikasi ftp dari Playstore. Jika kita menggunakan MIUI versi 7 kita tidak perlu repot-repot cari aplikasi di Playstore, belum lagi ada banyak sekali pilihanya. Ditakutkan ketika kita salah instal aplikasi jadi tambah lemot smartphone kita nanti.
Sepertinya tidak perlu saya perpanjang lagi, langsung ke pokok bahasan saja. FTP mempunyai kepanjangan File Transfer Protocol, jadi intinya kita bisa mentranfer file dari perangkat satu ke perangkat yang lain. Dalam hal ini kita bisa mentranfer file ata melihat file yang terdapat di smartphone xiaomi kita ke komputer atau gadget lain menggunakan FTP.



Cara untuk mengaktifkan menu ftp ini cukup mudah sekali, kita hanya perlu masuk ke menu file manager pada smartphone. Dimana di dalam menu ini terdapat isi file dari memori internal dan memori tambahan atau sdcard. Yang menarik dibagian bawah menu file mager ini kita dapat melihat menu pembersihan dan ftp. Dengan memilih menu ftp kita dapat masuk ke menu ftp sperti pada gambar berikut. Kita tinggal memilih menu Mulai server maka otomatis server sudah aktif. Seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini.



Setelah server ftp di smartphone sudah aktif, sekarang saatnya untuk memanggil ftp tersebut di browser dengan menulis url yang terdapat pada tampilan diatas yaitu ftp//192.168.0.110:2121. url ini bisa kita ganti sesuai dengan keinginan kita tapi ingat dua perangat ini harus terkoneksi dengan jaringan local. Di sini saya menggunakan wifi di rumah saya. Setelah alamat url tersebut kita tulis di browser maka kita isa melihat seluruh file yang terdapat pada smartphone kita. Seperti yang ditunjukan pada Gambar berikut.



Setelah terkoneksi seperti ini, kita bisa melihat semua file baik dokumen, musik, video dan foto. Dengan  masuk folder sdcard atau folder yang lain. Sebagai contoh disini saya akan membuka foto jepretan dari kamera saya. Hasilnya seperti terlihat pada Gambar dibawah ini. Semua foto dapat terlihat. Dengan mengeklik kita dapat membuka foto tersebut.




Sekian dulu postingan kali ini semoga bermanfaat, sampai jumpa postingan dari saya berikutnya. Dan jangan lupa isikan komentar bila ada yang perlu ditanyakan.  

2 comments: