Skip to main content

Cara Mengganti Batre Tablet Advan vandroid T1E

Pada Kesempatan kali ini saya akan share cara untuk mengganti Baterai tab advan yang rusak. Sekarang ini hampir semua tab menggunkan baterai tanam atau non removable, namun jangan khawatir meskipun begitu masih ada juga kok yang menyediakan suku cadang baterai seperti ini. Jadi, yang kita butuhkan hanya kemauan dan sedikit pintar untuk memasang saja.

Baterai merupakan komponen penting dalam gadget, jadi patokan sendiri ketika seseorang membeli hp baru pasti salah satu yang diperhatikan adalah baterai. Ya komponen ini memang mempunyai masa usia yang cukup pendek apalagi ketika sering dipakai sambil dicas. Ketika sedang dicas kemudian kita menggunakanya otomatis panas yang ditimbulkan akan lebih tinggi sehingga akan terjadi reaksi pada baterai yang mengakibatkan baterai menjadi bergelembung. Jadi kita harus pintar-pintar merawat baterai ya teman-teman.




Kembali ke topik pembahasan tentang menggati baterai tanam pada tablet. Sebelum melakukan langkah-langkah berikut pastikan anda sudah mempersiapkan alat-alat yang digunakan untuk mengganti baterai yaitu: obeng, bateray baru dan pencongkel. Setelah semua siap bisa anda lakukan penggantian bateray berikut adalah langkah-langkahnya:
  1. Lepaskan baut yang menempel pada tablet.
  2. Lepas Sim card dan memori.
  3. Kemudian congkel bagian pinggir tablet dengan kuku atau plastik yang agak keras.
  4. Setelah itu akan terlihat dalaman tablet seperti ini.

  5. Kemudian lepas kabel dari bateray yang menempel pada mainboard dengan solder.
  6. Sekarang tinggal kita solder bateray yang baru..
  7. Selesai tinggal kita tutup lagi.

Sebelum menutup pastikan dulu apakah tablet bisa nyala dengan normal, jangan sampai ketika sudah ditutup tablet anda malah jadi gak mau nyala. Tablet kita hidupkan dengan keadaan terbuka seperti ini tidak apa-apa asal kita tetap hati-hati agar tidak ada yang kongslet.

Sekian Postingan kali ini yang membahas bagaimana cara untunk mengganti baterai tanam, semoga bermanfaat, Bila ada pertanyaan silahkan masukan pada kolom komentar, siapa tau saya bisa membantu. Sampai jumpa dengan postingan artikel saya yang lain.

Comments

  1. kira2 untuk harga baterai advan vandroid T brapa gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung toko gan, dulu pernah tanya hargane 125rb yg 1900mah

      Delete
  2. Gang klo diganti dengan kapasitas bateri yg lebih besar tidak apa-apa yah gang..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. asal teganganya tidak terlalu tinggi gak apa2 gan

      Delete
  3. Klo buat hp tab yg lain bisa ga gan

    ReplyDelete
  4. Klo buat hp tab yg lain bisa ga gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. asal besar batrenya tidak melebihi dudukan atau tempat pada tablet tentu bisa

      Delete
  5. saya pernah beli disini untuk tablet advan t1e saya:
    https://www.tokopedia.com/snapshot.pl?dtl_id=34612963&order_id=22102155
    kualitasnya baik.. tahan lama 400maH

    ReplyDelete
    Replies
    1. trimakasih victor infone, mungkin 4000mah yang bener, hp ku yang kecil aja udah 2200mah

      Delete
  6. Gan klo tab advan ya hidup terus/korslet gitu cmana cara perbaikan nya soalnya tab saya ini saya lupa pola, terus gue coba berapa kali buka polanya tapi tiba2 HP nyala terus di matiin pun gak bisa juga kembali normal itu apanya yang rusak ya gan?
    Kasih tau dong nanti hak bisa paket lagi jadinya

    ReplyDelete
  7. Gan klo tab advan ya hidup terus/korslet gitu cmana cara perbaikan nya soalnya tab saya ini saya lupa pola, terus gue coba berapa kali buka polanya tapi tiba2 HP nyala terus di matiin pun gak bisa juga kembali normal itu apanya yang rusak ya gan?
    Kasih tau dong nanti hak bisa paket lagi jadinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf terlalu panjang saya masih belum paham, sekarang kondisi tabnya mati atau nyala.

      Delete
  8. gN GMna BUKA CASINGADVAN T1E

    ReplyDelete
    Replies
    1. dicopot dulu bautnya gan, lalu di congkel pelan2 bagian pinggirnya

      Delete
  9. gan advan t1g plus gimana bongkarnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama gan, dilepas dulu bautnya kemudian dicongkel bagian pinggirnya.

      Delete
  10. Gan kalo T2G gimana cabutnya gan.. Kagak ada tempat baut..

    ReplyDelete
  11. mau tanya advan t1x plus batrey saya drop itu batrey tanam harus sesuai atau bisa beda yg penting batrey tanam n sesuai dudukan batreynya???

    ReplyDelete
    Replies
    1. beda gak apa2 gan asal dudukan batrenya pas

      Delete
  12. mas bro. numpang tanya. kemaren saya beli baterai advan T1L. tp ketika mau d gnti, ada keganjalan pada baterai baru. baterai baru ada 3 kabel. sedangkan baterai lama cuma 2 kabel. gmn ya? mohon pencerahannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. lho kok bisa beda, kemarin pas beli apa tidak di cek dulu? kalau boleh tahu warna apa aja yang 3 itu?

      Delete
  13. Advan memang sering eror, biasanya pada colokan chargenya. Kini batreku juga jadi kaya es krim kepanasan

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya gan, tapi kadang ada beberapa teman yang tab advannya tidak ada masalah meskipun sudah jatuh dan di cas berkali2

      Delete
  14. gan mau tanya nih
    tab saya itu tipenya advan t1r
    kalau udah full dicharge, kan saya idupin tuh ternyata pas di idupin itu 0% lalu tiba tiba ngedrop

    terus saya kira apa chargernya yg rusak. terus saya nyoba ngecharge di hp lain ternyata hasilnya baik.
    apakah itu yg bermasalah baterai tab advannya ya gan?

    ReplyDelete
  15. gan mau tanya nih
    tab saya itu tipenya advan t1r
    kalau udah full dicharge, kan saya idupin tuh ternyata pas di idupin itu 0% lalu tiba tiba ngedrop

    terus saya kira apa chargernya yg rusak. terus saya nyoba ngecharge di hp lain ternyata hasilnya baik.
    apakah itu yg bermasalah baterai tab advannya ya gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau dicas lagi ngisi atau nggak rul? biasanya kalau tiba-tiba menjadi 0% itu yang bermasala dari baterainya.

      atau coba dicas dengan charger lain dulu rul

      Delete
    2. iya saya make charger lain hasilnya sama. tetep 0% mas
      baterai tanam milik advan t1r itu berapa kabel mas? 2 atau 3? terus harganya berapa?

      Delete
    3. pas dimatiin memang ngisi mas.
      tapi kalau pas diidupin 0% dan mati

      Delete
    4. oh iya gan
      kapasitas baterai tab advan saya kan 2500 mAh, apakah boleh saya ganti dengan baterai yang double power yang 5000 mAh

      Delete
    5. kalau jumlah kabelnya saya tidak tau, karena harus bongkar tabnya dulu. untuk mengganti baterai dengan power yang lebih besar bisa-bisa saja, asal ketika tablet ditutuplagi tidak terhalangi oleh baterai.

      Delete
    6. gan ini ternyata tab saya meski udah di ganti baterainya tetep gak bisa nyala.
      gimana nih gan solusinya?

      Delete
    7. waduh, tapi kalau dalam keadaan mati bisa ngisi atau ndak?

      Delete
  16. Gan kalo baterai advan e1c dipasang ke t1r bisa gak... secara kabel e1c ada 3warna. Kalo t1r ada 2 warna... pas saya pasang nyala... tapi gak mau masuk ke menu... dicaspun juga bisa... kalo misal tab nya yang bootloop tapikan udah ane wipe data...

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau secara umum sih bisa gan, baterai yang asli itu rusak kenapa gan. coba dipasang lagi kalau tidak bootloop berati baterainya harus 3 kabel

      Delete
  17. Gan mw tny nie klo advon x7 pny ku suka lemot banget gr gr pa yh ...semua apk kadan gk respon dan tutup paksa sistem juga gk menanggapi ...itu mslh ny pa yh

    ReplyDelete
    Replies
    1. kemungkinan banyak aplikasi yang berjalan pada background. sulusinya adalah lakukuan penghapusan aplikasi jika masih sama saja coba lakukan reset ke setingan pabrik dulu

      Delete
  18. Replies
    1. terimkasih jen, sudah mengunjungi arikel cara memperbaiki baterai tablet advan

      Delete
  19. Gan. Kalau ada yang jual mesin tablet advan contak yah.. mad 085875378286

    ReplyDelete
  20. Sya udah ganti batrai tab nya tapi sya sambung ga saya soldier... Itu pengaruh ga? Terus sya chrge n ga masuk....
    *batrai 3 kabel 4400mAh

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang disambung 2 kabel saja bisa nggak gan?

      Delete
  21. Gan,, tab sy muncul tuliasan Mode Aman gmn ngilanginya ya? Thx

    ReplyDelete
  22. Maaf mau tanya tablet saya Advan T1X plus itu baterainya sudah drop. Kapasitasnya 3000 mah, tegangan 3,7 volt. Pertanyaan saya ... apakah bisa diganti dengan baterai Advan yang kapasitasnya lebih besar, misal 5200 mah tegangan tetap sama 3,7 volt apakah boleh?

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

BAHAYA!! Jangan Menggunakan Lem ALTEKO Untuk LCD Dan Touchscreen

Selamat malam, berjumpa kembali dengan blog tukang Utak-Atik. Pada kesempatan kali ini saya tidak akan membahas kerusakan dari gadget. Namun ini sangat penting sekali diketahui teman-teman teknisi atau calon teknisi, karena ini merupakan pengetahuan dasar jangan sampai nanti berakibat fatal. Lem yang digunakan lcd dan toucsreen ini dibuat khusus, jangan sampai kita sembarangan menggunkan lem untuk memasang lcd dan touchscreen. Seperti yang dilakukan tetangga saya kemarin. Niatnya untuk mengelem supaya touchscreen tidak membuka tapi yang dia gunakan adalah lem alteko. Hasilnya bukanya jadi rekat malah lem jadi merembet kemana-mana. Seperti pada gambar di bawah ini. Dari gambar di atas kita bisa menarik kesimpulan bahwa jika kita sembarangan menggunakan lem bisa berakibat sangat parah sekali. Untung hanya bagian atas saja yang terkena lem, coba kalau seluruh sisi touchscreen dilem dengan alteko bisa-bisa seluruh mesin terkena lem semua karena lem ini berbentuk cairan jadi jika ter

Cara Menghilangkan Bekas Lem LCD HP

Selamat pagi berjumpa kembali dengan blog tukang-utak atik, pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang lem lcd yang membandel. Kasus seperti ini pasti sering kita alami ketika mau mengganti lcd. Sisa-sisa lem tidak akan hilang semuanya. Pasti masih ada yang tersisa, kalau tidak hilang semua kita tidak akan bisa memasang lcd dengan mudah. Selain untuk memasang kita juga bisa menggunkanya ketika mau menghilangkan sisa lem yeng kebaykan saat memasang lcd. lem yang keluar di casing tentu akan membuat pemandangan jadi tidak nyman, oleh karena itu perlu kita bersihkan lem tersebut. Untuk membersihkan lem biasannya saya menggunakan minyak kayu putih, pertalite dan alkohol. Pokonya sedapatnya saja alhamdulilah dengan ketiga cairan ini lem yang membandel bisa hilang dengan cepat. dan hp kembali jadi mulus. Cara membersihkan lem ini cukup dengan membasahi kain dengan cairan kemudian usapkan pada bagian hp yang terkena lem. jangan menyiram karena bisa terkena ke komponen-kompone

Cara Memakai Cas Kodok Atau Cas Dekstop

Selamat malam para pengunjung blog ini, ini postingan ini saya buat dari keyword yang sering muncul pada blog saya. Kebanyakan memang belum tau cara bagaimana untuk menjumper batre dengan cas kodok, tidak perlu berlama-lama lagi langsun saya bahas di sini saja. Dimalam menjelang tidur ini saya mau mebuat postingan mengenai cara Pemakaian Cas kodok atau cas dekstop juga sering di sebut dengan nama cas universal. Alasan saya membuat postingan ini adalah karena banyaknya komentar di facebook yang menanyakan cara penggunaan cas kodok, Dari pada saya capek menjawab berkali-kali mending saya buat postingan ini biar Mbah Googel yang mnegarahkan kesini. Bagi yang belum tau wujud dari cas kodok berikut adalah penampakanya. Kenapa diberi nama cas kodok, mungkin karena bentuknya yang kecil sebesar kodok atau entah apa yang jelas setau saya cas kodok wujudnya seperti itu. Sekarangbagai mana cara memakainya karean ini tidak ada kabel yang ditancapkan ke hp atau tablet.  Untuk me

Cara Menggunakan Lem Untuk Memasang LCD dan Touchscreen

Selamat siang selamat berjumpa kembali dengan blog tukang utak-atik. Pada kesempatan kali ini saya akan sedikit certita tentang pengalaman saya ganti lcd hp. Untuk ganti lcd ini kita perlu memperhatikan pada saat kita memasang lcd yang baru maka lem yang merekat dengan casing harus benar-benar kuat. Jika tidak, pada saat dipakai nanti bisa terangkat keatas lcdnya. Jadi harus teman-teman perhatikan dengan baik proses pengeleman ini.  Biasanya saya menggunakan lem b 7000 yang saya beli di toko online yang khusus untuk mengelem lcd dan touchscreen. Jika teman-teman tidak punya lem tersebut, teman-teman bisa menggunakan lem castol yang mempunyai daya rekat yang cukup kuat tapi tidak merusak casing. Jangan sekali-kali menggunakan lem alteko, karena bisa rusak lcd teman terkana panas dari lem  atleco.  Nah setelah dilem, jangan langsung dibiarkan tekan terus menerus supaya lem benar-benar merekat dengan baik. Teman-teman bisa menggunakan cara melilit dengan karet seperti gambar

Cara Menghilangkan Dent Pada Hp Samsung Galaxy S7-S7 Edge

Selamat pagi, selamat berjumpa kembali dengan saya selaku admin blog tukang utak-atik ini. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang dent pada samsung galaxy S7. Sebenarnya ini juga berlakuku untuk jenis hp lain. Berhubung samsung galaxy S7 ini termasuk jajaran ponsel dengan harga mahal jadi kalau ada goresan atau cat yang mengelupas pada body ponsel akan sangat mengganggu pemandangan kita. Selain itu juga mempengaruhi harga jual kalau dengan kondisi ada dent sperti ini. langkah-langkah untuk menghilangkan dent adalah dengan membersihkan menggunakan compon atau dengan pasta gigi, dengan tujuan supaya goresan yang ada pada hp akan merata. Cara ini tidak akan berlaku bila dent atau goresan pada hp terlalu besar.  Jadi supaya kita terhindar dari dent atau goresan pada ponsel, selalu lindungi menggunakan silicon case atau hard case supaya tidak terkontak dengan casing hp secara langsung. Atau ketika jatuh yang tergores adalah pelindung hp terlebih dahulu.  Saya r

Biaya Servis Ganti Layar Sentuh Samsung Galaxy J2

Selamat berjumpa kembali dengan blog utak-atik saya ini. Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan sebuah pengalaman teman saya yang dialami dengan ponsel kesayanganya yaitu Samsung Galaxy J2. Ponsel tersebut mengalami masalah ketika jatuh dari lantai 2 sehingga layar sentuh atau touchscreenya pecah. Jika sudah pecah seperti ini tidak ada solusi lain selain mengganti dengan yang baru. Untuk itu sekarang akan saya ceritakan berapa harga layar sentuh dan berapa biaya servisnya. Meskipun masih memiliki garansi, jika ponsel kita rusak karena kelalaian pengguna dalam kasus ini ponsel terjatuh maka kita tidak bisa mengklaim garansi. Kalau kita taruh ponsel tersebut di servis center yang pasti akan ditarik biaya yang sangat mahal. Jadi Menaruh ponsel tersebut ke servis center bukan solusi terbaik. Bagi teman-teman yang lain mungkin ada yang tidak srek bila servis ditempat lain, dengan alasan bila di servis center sparepart yang dijual dijamin original.  Kemarin teman saya sem

Cara Mengatasi Konektor/Port Colokan Hardisk Eksternal Rusak

Hardisk eksternal merupakan evolusi dari disket yang bisa dibawa kemana-mana tetapi dengan kapasitas yang sangat besar. Fungsi utamanya tetap sama yaitu untuk menyimpan data yang portabel dan bisa dibawa kemanapun dan siap setiap saat. Jika dibandingkan dengan disket kapasitas hardisk ini tidak ada apa-apanya. Diksket hanya mapu menampung ukuran sekitar 15Mb, sedangakan hardisk bisa ribuan giga.  Dibalik banyaknya keunggulan yang dimiliki oleh hardisk eksternal, ada pula kekurangan yang dimiliki diantaranya adalah rawan rusak ketika kita tidak pandai merawatnya. Salah satu contoh adalah ketika hardisk ini terjatuh karena tidak diberi pelindung atau karena colokan poert hardisk ekternal ini patah maupun rusak. Apakah masih bisa diperbaiki jika colokan hardisk ini rusak? Jawabanya adalah tergantung dari konektor yang digunakan. Ada beberapa merk hardisk yang colokan kabelnya gabung dengan hardisk. Untuk kasus seperti ini cara mengatasinya agak susah karena kita harus mengurut