01 December 2014

Kenapa kita harus beralih menggunakan teknologi 64 bit?

Pertanyaan kenapa harus 64? apa kelebihanya? mungkin sering sekali terdengar di telinga kita. Namun apakah kita bisa menjawabnya? nah pada kesempatan kali ini akan saya jabarkan sedikit penjelasan dengan apa yang saya alami setelah membaca beberapa artikel yang ada di gugel. Efek yang paling terasa adalah penggunaan RAM karena jika kita memakai RAM 4GB maka pada teknologi 32 bit hanya akan terdeteksi 3GB. Dalam dunia teknologi informasi, kita sering mendengar istilah 32-bit dan 64-bit. Contohnya Windows 7 - 32 bit dan windows 7 - 64 bit. Apa sebenarnya yang dimaksud dengan sistem 32-bit 64-bit? dan apa perbedaan dari keduanya?


Dalam dunia komputasi, 32-bit dan 64-bit mengacu pada jenis unit prosessor, sistem operasi, driver, software, dll yang memanfaatkan arsitektur tertentu. Hardware dan software 32-bit sering disebut sebagai x86, sedangkan hardware dan software 64-bit sering disebut sebagai x64 Banyak informasi yang mengatakan bahwa sistem operasi 64 bit jauh lebih baik dibandingkan dengan yang 32 bit. Oleh karena itu ada beberapa orang yang membeli sistem operasi 64 bit untuk di instal di komputer mereka. Tapi, kenyataannya sistem operasi itu tidak bisa di instal. Kenapa? karena hardware mereka hanya support untuk sistem operasi 32 bit. Itulah sebabnya, sangat disarankan untuk mengetahui spesifikasi hardware kita terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk menggunakan software 32 bit ataukah 64 bit.


Manfaat terbesar sistem operasi 64 bit adalah adanya kemampuan menggunakan memori (RAM) dengan kapasitas yang lebih besar (hingga 192 GB), sedangkan pada sistem operasi 32 bit maksimal memori yang dapat digunakan hanya 3 GB. Oleh karena itu sistem operasi 64-bit dapat lebih responsif ketika menjalankan beberapa program pada waktu yang sama dan sering beralih antar program.

Sistem operasi 64-bit lebih difokuskan pada performanya. Artinya kinerjanya memang dikhususkan untuk melakukan tugas yang berat-berat, misalnya encoding video dengan ribuan frame, rendering atau membuka aplikasi-aplikasi besar lainnya termasuk game-game kelas berat. Yang pasti tugas yang berat-berat karena setiap detiknya RAM dipakai secara optimal. Berbeda dengan sistem operasi 32-bit yang kinerjanya hemat energi dan tenaga. Jika menggunakan aplikasi yang berat, sistem oeprasi 32-bit hanya menggunakan sebagian RAM dan sisanya disimpan untuk tugas berikutnya sehingga akan terasa lambatnya.

Sistem operasi 64 bit tidak hanya unggul dalam performa computing, tetapi juga dapat meningkatkan aspek keamanan. Sistem operasi 64 bit aman terhadap serangan SSDT hook dari malware.

0 komentar:

Post a Comment