30 November 2014

Cara Memperbaiki Laptop Axioo Neon HNM kalau Panas Mati Sendiri

Pada kesempatan kali ini akan saya sharing sebuah pengalaman saya dengan teman hidup saya yang selalu menemani dalam mengerjakan tugas-tugas kuliah dan pekerjaan. Jadi awal ceritanya begini, niat hati ingin membersihkan debu-debu yang menempel pada kipas prosesor dan ram eh malah jadi erorr laptopnya, kalau panas mati secara mendadak. Hanya setelah aku semprot mainboar laptop saya ini dengan udara tekanan tinggi dari kompresor.Pada awalnya saya tidak mengetahui apa penyebab laptop kesayangan ini bisa kaya gini. sudah aku bongkar 7hari 7malam.

Saya beri doa dan saya bacakan surat Yasin tapi tetap saja tidak mau nyala. Sudah mencoba berbagai cara dengan meberi pendingin chipset dari Mainboard PC, memberi paste dengan bermacam-macam merk, sampai memanasi chipset dengan blower tak satupun cara tersebut yang berhasil. Setelah aku lihat-lihat, ternyata dudukan pendingin pada prosesor ini ada yang kuran kencang, jadi panas yang ada prosesor tidak terserap dengan sempurna oleh pendingin. setelah mengetahui bahwa ini kuran kuat maka tanpa berfikir panjang langsung saya belikan lem altcho agar dudukan pendingin tadi bisa menempel dengan kuat kembali. setelah saya test instal dalam keadaan terbuka ternyata sukses tidak ada hambatan seperti sebelum saya beri lem tadi. setelah selesai proses install kemudian saya test dengan menginstall aplikasi tambahn seperti office dan lain-lain. ternyata masih lancar jaya.  Dudukan yang kurang kuat berada pada titik yang saya beri lingkaran warnah merah dibawah ini coba cek juga dudukan yang lain mungkin juga kurang kuat.


Setelah memastikan bahwa laptopku ini berjalan dengan lancar akhirnya saya rakit kembali kedalam kesing laptop dan memasang kembali baut-baut beserta perangkat yang sebelumnya saya lepas. dan alhamdulilah sampai sekarang laptop masih aman walaupun digunakan untuk lembur sampai pagi, terimaksih axioo HNM kamu teman setia aku, jangan ngambek lagi ya.

23 comments:

  1. Terima kasih atas sharing pengalaman dan ilmunya mas... sangat bermanfaat, alhamdulillaah laptop sy sekarang sudah normal kembali... semoga menjadi ladang pahala

    ReplyDelete
  2. kalo di kasih lem altecho kira2 bisa di buka lagi gk pendingin/heatsink nya mas.. atau gak bisa di buka secara permanen ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. yg dikasih lem bagian mana? di prosesor dan chipsetnya? kalau kasus ku cm di dudukan heatsing aja yang saya lem

      Delete
  3. kalo matian sendiri pada laptop neon itu terjadi seperti itu gan ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tidak mesti bisa juga karna kipasnya rusak. kebetulan di laptop saya dudukan pendinginya yang agak kendor

      Delete
  4. Gan saya coba membuka kasing laptop hnm gimana cara buka 2 buah baut tersembunyi dekat dvd room .tolong berikan pencerahannya dong.trims desmon Sumbar

    ReplyDelete
    Replies
    1. pakai obeng yang kecil gan, emang harus pakai obeng yang ckup bagus agak kuat soalnya

      Delete
  5. Kebetulan kasusku sama juga, tapi tidak di lem, melainkan di tambah lipatan kertas agar pendingin prosesor yg longgar tertekan ke bawah, apakah ada masalah nantinya?

    ReplyDelete
  6. Kebetulan kasusku sama juga, tapi tidak di lem, melainkan di tambah lipatan kertas agar pendingin prosesor yg longgar tertekan ke bawah, apakah ada masalah nantinya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sepertinya tidak gan, asal pendinginya bisa berkerja dengan bai. yang pentingkan pendingin menempel dengan baik ke prosesor dan beberapa ic di samping prosesor tersebut

      Delete
  7. saya sudah diganti thermal pasta tetapi tetap mati. baru buka mozila.. kira2 ada saran gan ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba di cek suhu prosesornya dulu gan, kalau panas berati ada malash pada pendinginya. jika tidak panas atau dibawah 50 derajat berati pada bagian chishetnya yang bermasalah

      Delete
  8. makasih gan nice info. awalnya ga sadar kalau heatsink nya ga nempel di dua komponen depannya. berkat agan laptop normal kembali dipakai gaming tanpa tiba tiba mati gara gara overheat ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. oke gan senang bisa membantu laptop teman-teman yang tiba-tiba mati seperti ini

      Delete
  9. Mantap gan, 100% jreng,.
    Suwon pooollll,.
    Sekarang Axioo ku dah bisa kerja lagi,.

    Mantap

    ReplyDelete
    Replies
    1. oke mas adi, sama-sama. mudah-mudahan awet gak mati-mati lagi laptop axio nya

      Delete
  10. Cara bongkarnya chasingnya gimana gan ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. gampang kok gan, cara bongkar laptop axioonya ini tinggal lepeas semua baut kemudian diconkel bagian pinggirnya pelan-pelan

      Delete
  11. saya baca artikel agan tentang http://utakatik-dewe.blogspot.co.id/2014/11/cara-memperbaiki-laptop-axioo-neon-hnm.html
    laptop NEON HNM saya tiba tiba mati sendiri, sudah di bersihkan semua, kipas berfungsi, saya sudha ganti termal paste juga. dan dudukannya berfunsi dengan baik dan kuat, tapi tetap mati sendiri jika bekerja agak berat. kira kira gimana ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalu dibagian pendingin sudah normal, panas yang ada diproseor tidak berlebihan berati masalah ada pada chipset. solusinya adalah dengan mengganti chipset atau dengan servis chipset(biasanya saya panasi dengan blower)

      Delete
  12. dilem ke mainboardnya apa gimana tuh gan?

    ReplyDelete